Lezatnya Usaha Budidaya Ikan Bawal

wirausaha

User Rating: / 4
PoorBest 
Lezatnya Usaha Budidaya Ikan Bawal - 5.0 out of 5 based on 4 votes

Pastikan anda Like UKM Kecil di Facebook untuk mendapat update inspirasi terbaru. Silahkan Login untuk merating artikel.

Lezatnya Usaha Budidaya Ikan Bawal

usaha budidaya ikan bawal


Budidaya ikan bawal saat ini banyak menjadi pilihan para petani ikan karena pemeliharaan ikan bawal yang mudah, cepat besar serta mudah dipasarkan dan menjanjikan banyak keuntungan. Ikan bawal termasuk jenis ikan konsumsi yang cukup poluper, selain ikan bawal laut yang populer lebih dulu, kini ikan bawal tawar juga mempunyai popularitas yang tidak kalah baiknya.

Ikan bawal adalah ikan konsumsi yang berasal dari Brasil dengan nama latinnya Collossoma macropomum. Memiliki bentuk badan pipih dan bulat serta warna kulit keperak-perakan, mempunyai lubang hidung yang besar, dan warna ujung sirip berwarna merah atau kuning. Bentuk Badan ikan bawal ini sangat mirip dengan ikan piranha hingga kadang ada yang terkecoh di antara dua ikan ini.

 

Usaha Budidaya Ikan Bawal


Berbeda dengan budidaya perikanan lainnya seperti budidaya ikan mas, nila, gurame dll. Budidaya ikan bawal tergolong masih cukup baru diperkenalkan di industri perikanan Indonesia karena asalnya memang di import dari brazil.  Namun ternyata hasil penyebarannya memperoleh respon yang baik dari para petani ikan, hingga konsumsi ikan bawal ini semakin hari semakin meningkat.

Ikan bawal memiliki rasa daging yang enak dan gurih, walaupun cukup banyak duri pada dagingnya. Ikan bawal menjadi sebuah alternatif baru ikan konsumsi, disamping harganya cukup murah bila dibandingkan ikan mas. Ini menyebabkan banyak konsumen ikan yang beralih memilih ikan bawal.  Ikan bawal sangat di minati dan banyak permintaan datang dari hotel, restoran, rumah makan, warung tenda seafood, pengepul dan pasar tradisional.

Usaha Budidaya Ikan Bawal Air Tawar dengan KJA


Budidaya ikan bawal menggunakan KJA atau budidaya ikan bawal keramba jaring apung sudah lama dilakukan di Waduk Cirata, Cianjur Jawa Barat. Melambungnya harga pakan ikan menjadi alasan utama mengapa para petani ikan beralih ke budidaya ikan bawal, selain itu potensi ekonomi yang lebih menguntungkan juga menjadi alasan.

Banyak dipilihnya ikan bawal karena ikan bawal tidak membutuhkan pakan dengan kandungan protein tinggi, hingga para petani budidaya ikan bawal bisa menghemat biaya pengeluaran untuk pakan. Ikan bawal juga tidak memerlukan pakan yang berkualitas bagus dan mahal. Cukup menggunakan pakan yang biasa saja, hasilnya sudah bagus. Pakan merupakan komposisi biaya terbesar dalam budidaya ikan.

Dalam budidaya ikan bawal, petani budidaya hanya cukup memberikan pakan dengan kandungan protein sekitar 25%.  Kandungan protein dalam pakan ini jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan kandungan protein yang mesti diberikan dalam pakan ikan mas yang dapat mencapai kisaran 27%. Dan bagi ikan bawal, walaupun diberi pakan yang kandungan proteinnya lebih tinggi tetap tidak akan berpengaruh banyak terhadap pertumbuhan Ikan bawal.

Karena kandungan protein yang dibutuhkan rendah saja, maka harga pakan bawal pun menjadi jauh lebih murah dan lebih terjangkau bagi para petani ikan bawal. Disamping itu, terdapat beberapa keunggulan dan keistimewaaan budidaya ikan bawal seperti pertumbuhannya yang cepat, nafsu makan besar serta termasuk ikan omnivora (pemakan segala) dan tahan terhadap kondisi lingkungan yang kurang baik.

Selain harga pakan buatan bagi ikan bawal yang lebih murah, ikan bawal juga dapat diberi pakan alami berupa keong, siput, dedaunan, limbah sayuran, hingga ikan runcah karena ikan bawal ini termasuk pemakan segala (Omnivora). Daya cerna makanan ikan bawal juga cukup baik, dari 1 kg pakan yang diberikan bisa menghasilkan daging ikan bawal sebanyak 0,7-0,8 kg (konversi pakan adalah 1:0,7-0,8) yang cukup efisien dan menguntungkan petani.

Usaha Budidaya Ikan Bawal Air Laut dengan KJA


Budidaya ikan bawal air laut juga menjanjikan keuntungan yang menggiurkan. banyak petani ikan bawal KJA di Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Untuk memulai usaha budidaya ikan bawal air laut perlu investasi sekitar Rp 40 juta hanya untuk membuat KJA ukuran 30 m x 30 m di tepi pantai. Jika ditambah untuk bibit dan pakan, bila ditotalkan sampai panen perlu modal sekitar Rp 100 jutaan dan bisa  dipanen sebanyak 7 ton.

Sedangkan untuk budidaya ikan bawal air tawar, dibutuhkan modal awal sekitar Rp 7 hingga 8 juta untuk memulai budidaya ikan bawal dengan 2.000 bibit yang bisa menghasilkan 1 ton ikan bawal pada kolam tanah ukuran 10 m x 10 m.

Ikan bawal lebih bagus dibudidayakan dengan debit air yang cukup deras. Sehingga tepian laut atau dengan membuat kolam air deras dari aliran air sungai sangat bagus guna mempercepat pertumbuhan. Walau begitu, budidaya ikan bawal di kolam air tenang bisa juga dilakukan walaupun pertumbuhannya kurang bagus dibanding pada kolam air deras.

Masa Panen Budidaya Ikan Bawal Singkat

Budi daya ikan bawal tidak memerlukan waktu yang lama,  sebab siklus pertumbuhan ikan bawal jauh lebih cepat dibanding ikan mas. Hanya dibutuhkan 45 hingga 60 hari saja untuk mencapai masa panen. Padahal dalam budidaya ikan mas, sedikitnya dibutuhkan waktu antara 3 hingga 4 bulan untuk mencapai ukuran panen.

Rentang waktu panen masih bisa diperpendek, asalkan petani ikan budidaya bawal mau memakai benih dengan ukuran sedikit lebih besar. Jika biasanya benih yang pakai ukuran 1 jari (1 inchi atau sekitar 2,54 cm), namun bila memakai benih yang ukuran 2 jari rentang masa panen hanya memerlukan 1 bulan saja.

Rentang waktu masa panen ikan bawal yang cepat, membuat perputaran uang menjadi lebih cepat. Selain itu, risiko budi daya ikan bawal jauh lebih kecil dibanding membudidayakan ikan mas. Hampir tak ada penyakit mematikan yang menyerang ikan bawal. Sangat berbeda dengan ikan mas yang setiap saat bisa terkena  penyakit Koi Harpes Virus (KHV), yang hanya dalam sekejap bisa memusnahkan seluruh ikan mas dalam keramba.

Budidaya Pembibitan Ikan Bawal

Pola budidaya ikan bawal bisa dikategorikan menjadi dua bidang, yakni Budidaya Pembibitan Ikan Bawal dan Budidaya Pembesaran Ikan Bawal.  Jika pada Budidaya Pembesaran Ikan Bawal tujuannya adalah untuk memperoleh ikan bawal siap konsumsi seperti dijelaskan diatas. Maka pada Budidaya Pembibitan Ikan Bawal tujuannya adalah membudidayakan bibit atau benih ikan bawal.

Menjadi pembibit ikan bawal juga menguntungkan, dari sepasang indukan bawal siap kawin umur lebih dari 3 tahun berat 1 kg-1,5 kg bisa menghasilkan 200 ribu-300 ribu bibit dalam sekali perkawinan. Menariknya lagi, sejak telur menetas (larva), umur 12 hari sudah dapat menghasilkan uang sebab larva sudah banyak dicari petani pembibit lain untuk dibesarkan dengan harga jual Rp 30 per ekor.

Larva yang sudah berumur lebih dari 12 hari disebut bibit yang juga banyak dicari petani pembesaran. Misalnya, bibit ukuran ¾ cm yang dijual dengan harga Rp 150 per ekor; dan bibit umur 4 bulan seukuran korek api (4-5 cm) yang umumnya dijual seharga Rp 250 per ekor. Hanya dari keuntungan pembibitan bawal, petani ikan memperoleh omzet Rp 20 juta-Rp 30 juta setiap bulannya. Yang menguntungkan selain waktu pembibitan yang cepat, kolam yang dipakai juga tidak perlu seluas dan sebanyak kolam pembesaran. Jadi lebih efisien.

tehnik budidaya pembibitan ikan bawal

Namun memang jika dihitung usaha budidaya pembesaran ikan bawal menjanjikan keuntungan yang lebih besar. Sebab harga jual ikan bawal air laut lebih mahal dibanding ikan bawal air tawar, maka keuntungan paling besar mampu di raup petani ikan bawal air laut. Berdasarkan pengakuan sejumlah sumber, bisa meraih omzet Rp 210 juta dengan keuntungan bersih Rp 120 juta tiap bulan. Sedangkan besarnya keuntungan yang diperoleh pembudidaya ikan bawal air tawar, bisa mencapai Rp 80 juta, atau 50% dari omset. Semoga Lezatnya Usaha Budidaya Ikan Bawal bisa menginspirasi bagi para calon Wirausaha muda untuk terjun ke Usaha Budidaya Ikan Bawal. Untuk tehnik budidaya ikan bawal bisa di lihat di Budidaya Ikan Bawal .


Refferensi:
Surabaya post
Ditjen Perikanan Budidaya – KKP
Sentra Informasi Iptek TEKNOLOGI TEPAT GUNA WARINTEK - Menteri Negara Riset dan Teknologi  http://www.iptek.net.id  Usaha Budidaya Ikan Bawal.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel

Akses ditolak!
Silahkan Login atau Register Untuk berkomentar!