Warnet Hemat ala CDMA

usaha kecil

User Rating: / 9
PoorBest 
Warnet Hemat ala CDMA - 4.6 out of 5 based on 9 votes

Pastikan anda Like UKM Kecil di Facebook untuk mendapat update inspirasi terbaru. Silahkan Login untuk merating artikel.

Membuat Warnet Hemat ala CDMA

Membuat Warnet Hemat ala CDMA
Siapa yang tidak mengenal warnet, saat ini warnet sudah menjamur tidak hanya di perkotaan namun juga di pedesaan. Bahkan ada program dari pemerintah untuk membuat warnet di setiap kecamatan. Internet memang sangat berguna bagi informasi masyarakat, walau terkadang ada juga yang menyalah gunakannya.


Membuka usaha warnet memang sangat menguntungkan, namun membuka warnet tentunya harus memiliki modal usaha yang cukup besar untuk membeli komputer dan langganan internetnya. Untuk itu kita mesti bisa berkreasi dan menyiasatinya bila hanya memiliki modal usaha yang pas-pasan.

 

Warnet Hemat ala CDMA

Mengapa disebut usaha kecil warnet hemat ala CDMA, karena disini kita akan menggunakan jaringan modem CDMA alih-alih berlangganan Broadband untuk warnet yang lumayan cukup mahal. Caranya, kita memberikan satu modem CDMA untuk tiap komputer yang kita miliki.

Modem CDMA bisa di bilang cukup murah, begitu juga dengan paket internetnya. Bisa berlangganan paket internet dibawah Rp 50.000 untuk Unlimited 1 bulan. Untuk kecepatannya masih lumayan walaupun terkadang pas-pasan, namun masih bisa digunakan. Untuk membeli modem CDMA tersedia dengan harga murah, sekitar Rp 200 ribuan sudah mendapat paket internet gratis 1 bulan.

Karena kita ingin membuat warnet hemat, maka kita tidak perlu membeli komputer baru. Cukup belikan 4 buah komputer pentium 4 second dengan mengganti mainboard baru, RAM baru biar awet. Jadi, mesinnya baru lainnya itu second semua. Monitor, casing, second semua. Harga komputer bekas saat ini tidak mahal, paling satu jutaan sudah di rehab mainboard dan RAM nya.

Agar lebih menghemat biaya lagi, kita buat warnet dengan sistem lesehan. Kita bisa membuat meja komputer lesehan sendiri dari papan sisa atau membeli papan "jenjen" yang murah. Tidak perlu memakai sekat, ini untuk mempermudah pengawasan dari penggunaan negatif internet seperti Po*nografi dan lain sebagainya.

Analisa Warnet Hemat ala CDMA

Nah, dengan cara di atas. Kita hanya membutuhkan modal usaha sekitar 5 juta rupiah. Rp 4 juta untuk membeli 4 komputer dan Rp 800 ribu untuk membeli modem. Rp 200 ribu lagi bisa kita gunakan untuk membuat meja lesehan, tentu ini dengan asumsi kita tidak perlu membayar uang sewa karena usaha warnetnya kita buat di rumah atau tempat milik kita sendiri.

Bila di asumsikan kita buka selama 10 jam /hari dan yang terisi sebagian saja, maka akan mendapatkan 20 jam efektif. Bila kita hargai sewa warnet kita Rp 3.000/jam, maka akan menghasilkan Rp 60 ribu /hari atau Rp 1.800.000. sedangkan biaya bulanan hanya membeli pulsa paket internet bulanan sebanyak 4 modem, bila memakai yang Rp 50.000an /paket hanya mengeluarkan biaya bulanan Rp 200 ribuan ditambah biaya listrik saja. Bila anda berminat membuat warnet hemat ala CDMA ini, jangan lupa sisihkan sedikit keuntungan untuk perawatan komputer dan bersedekah. Selamat menjalankan usaha kecil menengah, yakinlah usaha kita akan sukses


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel

Akses ditolak!
Silahkan Login atau Register Untuk berkomentar!