Usaha Makanan Dendeng Belut

usaha kecil

User Rating: / 2
PoorBest 
Usaha Makanan Dendeng Belut - 5.0 out of 5 based on 2 votes

Pastikan anda Like UKM Kecil di Facebook untuk mendapat update inspirasi terbaru. Silahkan Login untuk merating artikel.

Usaha Makanan Dendeng Belut

usaha makanan dendeng belut
Usaha Makanan Dendeng Belut. Belut merupakan bahan pangan yang sudah dikenal sejak dahulu dan sangat bergizi. Dendeng belut memiliki kandungan gizi lebih tinggi dari pada belut goreng, ini disebabkan belut goreng sudah mengalami pemanasan yang tinggi hingga sebagian gizinya rusak. Dendeng belut sejatinya sudah dibuat sejak jaman dahulukala, namun kurang terkenal dibanding dengan olahan dendeng daging sapi.


Nilai Gizi Dendeng Belut
Dalam 100 gram dendeng belut, terdapat kandungan energi sebanyak 382 kilo kalori. Selain itu, terdapat juga kalsium 1.069 miligram, protein 55,7 gram, zat besi 15,4 miligram, karbohidrat 8 gram, protein 55,7 gram, lemak 14,1 gram dan karbohidrat 8 gram. Selain itu juga mengandung vitamin seperti vitamin B1 0,48 miligram, dan vitamin A 91 IU. Nilai gizi dendeng belut lebih tinggi dari telur ayam maupun daging ayam.

Deskripsi Usaha Dendeng Belut
Dendeng belut biasanya disajikan di rumah makan tradisional. Namun saat ini sudah banyak yang melakukan ekspansi dengan kreatifitas baru hingga dendeng belut bisa dipasarkan langsung tanpa lewat rumah makan tradisional lagi. Usaha dendeng belut sudah banyak yang memperkenalkan dengan cara membangun stand/etalase khusus yang menjual dendeng belut. Bahkan dibeberapa daerah, pemasaran dendeng belut sudah dikemas rapi dan dikirim ke toko-toko hingga minimarket.

Usaha Makanan Dendeng Belut Sebagai Bisnis Online

Usaha makanan dendeng belut juga sudah merambah kepasar online. Sebab dendeng belut termasuk salah satu produk yang tahan lama dan bisa dikirim lewat kurir atau pos. Secara tradisional, dendeng belut bisa tahan dari 1 minggu hingga 4 minggu. Namun dengan pengolahan modern seperti kemasan vacum dan kedap udara, dendeng belut bisa tahan lebih lama hingga beberapa bulan.

Bahan Baku Dendeng Belut
Bahan baku utama dari usaha masakan dendeng belut ini tentu saja adalah belut. Bahan belut yang dipakai adalah belut dengan ukuran besar. Bila diambil dari pebudidaya belut, belut ini biasa dipanen saat umur 6 bulan untuk mencapai ukuran yang pas.

Tempat Usaha Dendeng Belut
Awal tempat usaha kecil dendeng belut ini adalah rumah makan trdisional, namun saat ini sudah ada yang membuka dalam bentuk mini outlet. Dendeng belut juga banyak dititipkan di pasar tradisional, toko-toko hingga minimarket. Dan yang paling baru adalah melalui social media internet.

Peralatan Usaha Dendeng belut
Perlengkapan yang diperlukan sangat sederhana, cukup peralatan memasak sehari-hari. Ditambah dengan nampan tempat mengeringkan belut. Belut dikeringkan dibawah sinar matahari, tapi untuk proses modern belut bisa di keringkan lewat mesin pengering hingga hasil bisa lebih cepat. Pada usaha makanan UKM dengan skala menengah, dibutuhkan mesin kemasan seperti mesin vacum agar dendeng belut bisa bertahan lama hingga beberapa bulan.

Promosi Dendeng belut
Promosi yang paling efektif saat ini adalah lewat social media, dari mulut ke mulut hingga penjualan dor to dor.

Resiko Usaha Dendeng belut
Resiko usahanya adalah kesalahan membaca pasar hingga dendeng belut tidak laku dipasar dan rusak. Resiko lain adalah turunnya hujan hingga tidak bisa menjemur dendeng belut secara maksimal dan timbul jamur dll, ini berlaku bagi pengolahan tradisional. Selain itu, pasokan bahan baku juga bisa menghambat jalannya usaha saat pasokan belut sulit didapat hingga  usaha masakan dendeng belut tersendat.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel

Akses ditolak!
Silahkan Login atau Register Untuk berkomentar!