Usaha Kue Lapis

usaha kecil

User Rating: / 1
PoorBest 
Usaha Kue Lapis - 5.0 out of 5 based on 1 vote

Pastikan anda Like UKM Kecil di Facebook untuk mendapat update inspirasi terbaru. Silahkan Login untuk merating artikel.

Usaha Kue Lapis

usaha kue lapis
Usaha Kue Lapis sudah banyak di tekuni oleh kalangan UKM Kecil. Berbagai jenis kue lapis seperti lepis legit atau lapis surabaya mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita. Kue lapis memang lezat dan cocok di sajikan di setiap suasana, bisa sebagai sajian pesta maupun hanya menemani acara santai keluarga.

Kue lapis adalah sejenis kue bolu yang dibuat secara berlapis-lapis ketikan memasaknya,  Kue lapis juga merupakan salah satu kue bolu khas masyarakat Indonesia. Saat membuat kue lapis ini, kita mesti tetap menjaga dan memantau setiap lapisan kue saat sedang dimasak didalam oven sebab diperlukan ketelitian supaya kue lapis yang dimasak menghasilkan kue lapis yang legit.


Tidak semua orang bisa membuat kue lapis ini, apa lagi kue lapis legit. Diperlukan kesabaran yang tinggi dan keahlian dalam membuatnya, inilah yang membuat usaha kue lapis berkembang. Selain itu diperlukan juga beberapa mesin kue lapis dalam membuat kue lapis ini. Yang termudah adalah membuat kue lapis kukus, biasanya usaha kue lapis skala rumahan sudah bisa membuatnya. Hanya di perlukan alat kukusan dan cetakan/loyang kue, namun kesabaran tetap mesti ada dalam membuat kue lapis kukus ini sebab mesti di buat satu per satu lapisannya.

 

Untuk kue lapis surabaya, bisa di buat di oven kue biasa. Namun untuk membuat kue lapis legit apa lagi skala industri UKM, di perlukan oven kue lapis khusus agar pembuatannya lebih mudah dan matang merata setiap lapisannya. Biasanya oven kue lapis untuk Usaha Kue Lapis UKM memiliki kapasitas hingga lebar sekitar 1 meter persegi.

Deskripsi Usaha Kue Lapis

Resep Lapis Legit
Untuk membuka usaha kue lapis tentu kita mesti dapat membuat kue lapis legit yang enak, silahkan lihat Resep kue lapis yang bisa di ikuti dan menjadi inspirasi  sesuai dengan keinginan kita.

Peralatan Yang Harus Dimiliki
Untuk membuka usaha kue lapis, kita mesti menyiapkan beberapa mesin kue seperti oven, oven khusus kue lapis, mesin oven roti, mixer roti, mesin mixer adonan, pembagi adonan dan lainnya (Silahkan lihat di Mesin Roti Bakery).

Memang tidak semua mesin di atas mesti di miliki, kita bisa menyesuaikannya dengan skala usaha kita. Namun setidaknya kita mesti memiliki Mixer, kukusan dan Oven untuk skala usaha rumahan kue lapis, dan ditambah oven khusus kue lapis, mixer pembagi adonan dan beberapa mesin lainnya.

Tempat Usaha Kue Lapis

Bila kita membuka usaha kecil kue lapis, harus di pikirkan dahulu apakah hanya tempat membuatnya saja (tempat berjualannya terpisah) atau sekaligus tempat menjualnya. Mirip dengan Workshop, kita bisa membuat kue lapis sekaligus di toko kita sendiri. Jika model workshop yang di pilih, maka di perlukan lokasi yang tepat dan strategis. Pastikan lokasi toko kue lapis berada di keramaian dan di inggiran jalan raya yang ramai.

Karyawan
Bila kita sendiri yang turun tangan, kita bisa mengangkat seorang karyawan untuk menjaga toko dan melayani pembeli. Sedangkan kita bisa fokus dalam membuat kue lapis agar rasa dan kwalitas tetap sama dan terjamin. Bila usaha kue lapis  kita sudah ramai, penambahan karyawan bisa di lakukan untuk membantu dalam membuat kue lapis.

Promosi dan Pemasaran Kue Lapis
Kue lapis merupakan penganan yang sudah di kenal dengan luas. Promosi yang di perlukan hanyalah promosi untuk memperkenalkan keberadaan usaha anda. jika anda membuka usaha di depan minimarket atau di dalam Mall, anda bisa membagikan brosur pada pengunjung minimarket atau Mall tersebut. Sebuah banner atau spanduk juga anda perlukan di depan workshop agar semua pengunjung dapat dengan jelas melihat apa usaha anda.

Anda juga bisa mengurus sertifikasi halal MUI agar pembeli lebih yakin dengan kehalalan dan kwalitas kue lapis anda, ini akan meningkatkan nilai jual. Buatlah box yang unik dan slogan atau tagline usaha kue lapis anda. Anda juga bisa membuat toko online untuk mendukung usaha kue lapis ini, sebarkan juga di sosial media.

Resiko Usaha Kue Lapis
Kue lapis hanya dapat bertahan beberapa hari saja dalam keadaan baik, maksimal adalah 1 minggu. Lebih dari itu kwalitas kue lapis akan menurun, anda harus pandai membaca pasar agar stock kue lapis di toko tidak terlampau banyak. Untuk resiko ini bisa di akali dengan penambahan pengawet buatan, namun rasa yang di hasilkan biasanya tetap berbeda di bandingkan tanpa memakai pengawet buatan.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel

Akses ditolak!
Silahkan Login atau Register Untuk berkomentar!