Usaha Kecil Bajigur

usaha kecil

User Rating: / 6
PoorBest 
Usaha Kecil Bajigur - 4.2 out of 5 based on 6 votes

Pastikan anda Like UKM Kecil di Facebook untuk mendapat update inspirasi terbaru. Silahkan Login untuk merating artikel.

Usaha Kecil Bajigur

usaha kecil bajigur


Bajigur termasuk kedalam minuman tradisional Indonesia yang berasal dari daerah Jawa Barat.  Bajigur sangat lezat jika dihidangkan dengan penganan seperti ubi rebus, pisang rebus, kacang rebus dan berbagai macam kue tradisional lainnya. Usaha kecil bajigur ini umumnya dijual dengan mamakai gerobak dorong yang menyertakan berbagai macam penganan tradisional dan disajikan dalam keadaan hangat.

Minuman hangat bajigur sangat ampuh untuk menghangatkan tubuh saat udara dingin. Bila ada anggota keluarga kita yang kedinginan karena kehujanan dijalan, atau karena suhu yang dingin di musim hujan ini. Kita bisa inisiatif dengan membuat bajigur, cara membuat bajigur juga termasuk mudah dan bahan-bahannya juga mudah kita peroleh dipasar. Musim dingin justru menjadi sebuah peluang usaha yang terbuka dan menjanjikan bagi seorang wirausaha yang dapat membaca pasar, salah satunya dengan berjualan bajigur.

 

Deskripsi Usaha kecil Bajigur

Usaha kecil bajigur umumnya di lakukan dengan memakai sebuah gerobak keliling, dijual dengan cara berkeliling komplek perumahan atau tempat yang ramai. Usaha kecil bajigur juga menjual berbagai macam penganan tradisional seperti pisang rebus, kacang rebus, talas rebus dan lainnya.

Resep Bajigur
Membuat bajigur tidak terlalu sulit, walau begitu seorang penjual bajigur tentunya memiliki resep bajigur andalan masing-masing. Walau begitu, secara umum bajigur bisa dibuat dengan resep bajigur berikut (lihat resep bajigur). Sebagai seorang wirausaha kreatif, kita mesti bisa mengkreasikan resep tersebut agar bajigur buatan kita terlihat unik, menarik dan tentu saja enak.

Peralatan Yang Harus Dimiliki
Untuk memulai usaha bajigur ini, tentunya kita memerlukan beberapa peralatan guna menunjang usaha kecil kita ini. berikut adalah beberapa peralatan yang kita butuhkan untuk usaha kecil bajigur kita.

Peralatan jumlah harga
Gerobak dorong 1 1-2 juta
Dandang besar
1 100-200 ribu
sendok dandang 1 20 ribu
Gelas dan Sendok 12 50-100 ribu
Corong kecil 
1 5 ribu
Peralatan Lain 100-200 ribu

 

Tempat Usaha Kecil Bajigur

Usaha kecil bajigur dilakukan dengan cara berkeliling komplek. Namun bila menemukan tempat yang ramai bisa 'mangkal' terlebih dahulu di tempat tersebut. Jika kita bisa sedikit berkreasi, kita bisa menjadikan bajigur sebagai minuman 'baru' yang bisa di jual hingga level kelas menengah atas. Penjualannya juga tidak perlu memakai gerobak dorong lagi, tapi sudah bisa membuka both di depan Minimarket atau Mal.

Karyawan
Tidak dibutuhkan karyawan untuk usaha ini bila  kita sendiri yang turun langsung. Namun jika kita bertindak sebagai Bos (juragan bajigur), maka setiap gerobak dorong memerlukan seorang karyawan. Kita dapat melakukan sistem gaji bagi hasil yang terjual atau setoran pergerobak.

Promosi dan Pemasaran Bajigur
Tidak diperlukan promosi khusus untuk usaha kecil ini, rasa yang enak adalah promosi utama. selain itu, ramahnya pelayanan dan menariknya gerobak kita juga menjadi salah satu media pemasaran kita. Namun jika anda sudah berjualan bajigur dengan membuka both di Mal, anda dapat menyebarkan brosur, pamflet dan lainnya di pintu masuk yang mengarah ke usaha bajigur kita. jangan lupa juga untuk membuat Both kita semenarik mungkin.

Resiko Usaha Bajigur
Bulan pertama usaha ini mungkin tidak akan langsung ramai, kita mesti mempersiapkan diri akan hal ini. Namun tidak ada resiko khusus untuk usaha kecil ini, bajigur yang tidak habis memang tidak bisa dipakai ke esokan hari. Ini adalah resiko usaha makanan manapun, tapi untuk makanan tradisional yang juga kita jual masih bisa kita jual keesokan harinya walaupun kwalitas dan rasanya mungkin akan menurun. Kita harus mampu 'membaca' pasar dan situasi dan memperkirakan berapa penjualan yang akan kita hasilkan. Selamat berusaha, dan salam UKM.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel

Akses ditolak!
Silahkan Login atau Register Untuk berkomentar!