Strategi Usaha Taman Bacaan

ukm

User Rating: / 10
PoorBest 
Strategi Usaha Taman Bacaan - 4.2 out of 5 based on 10 votes

Pastikan anda Like UKM Kecil di Facebook untuk mendapat update inspirasi terbaru. Silahkan Login untuk merating artikel.

Strategi Usaha Taman Bacaan

Strategi Usaha Taman Bacaan
Jika di sekitar tempat tinggal anda banyak berdiri kampus dan sekolahan, anda bisa menjalankan usaha taman bacaan atau penyewaan buku. Target utama dari penyewaan buku adalah mahasiswa dan pelajar yang biasanya sering meminjam buku. Sedangkan buku buku yang sering di pinjam adalah jenis novel, komik, motivasi, jenis pengetahuan umum, IT dan lain lain. Berikut adalah strategi usaha taman bacaan.

 

Persediaan judul buku yang lengkap dan terbaru

Persediaan judul buku yang lengkap dan terbaru sangat menarik calon penyewa buku untuk datang ke suatu taman bacaan. Untuk buku buku  terbaru dan best seller harus disediakan jumlah buku  yang cukup agar calon penyewa dapat segera membaca buku kesukaan mereka. Jika mereka tidak dengan segera mendapatkan buku baru tersebut, mereka akan beralih ke taman bacaan lain. Bisa juga buku tersebut dengan segera menjadi buku lama sebab buku  baru yang lain sudah muncul.

Putaran penyewaan buku dikembalikan tepat waktu!

Ini jantung dari UKM usaha taman bacaan. Perlu dipahami bahwa buku merupakan suatu produk yang mempunyai masa edar yang sangat singkat untuk buku best seller yang banyak di cari orang. Semakin telat buku dikembalikan semakin besar kemungkinan pelanggan lain tidak memperoleh buku yang diinginkan. Artinya, pelanggan pada saat yang bersamaan akan segera mencari judul buku tersebut ke tempat penyewaan buku lain. Semakin sering hal ini terjadi maka pelanggan akan dapat secara permanen beralih ke tempat lain. Perlu displin ketat namun tidak kaku guna menjaga agar penyewa mengembalikan buku tepat waktu. Sistem denda bisa diberlakukan, jika diperlukan beritahu pada penyewa yang sibuk bahwa disediakan layanan pengambilan buku yang disewa ke rumah penyewa dengan biaya tertentu.

Promosi taman bacaan

Berbagai promosi bisa dilakukan guna menarik penyewa. Diskon untuk penyewaan jumlah tertentu bisa diberikan. Bonus, hadiah atau undian juga menarik kalangan penyewa tertentu. Sistem poin bisa diterapkan, ini penting untuk menyenangkan penyewa yang loyal. Penyewa yang disiplin mengembalikan buku tepat waktu dapat diberi bonus tertentu seperti marchendise atau pulpen yang dibuat khusus dengan nama usaha taman bacaan kita.

Masa sewa buku
Buku buku terbaru dan best seller merupakan yang paling sering dicari oleh pelanggan. Untuk buku jenis ini perlu diatur bahwa berapa banyak pun judul buku yang disewa harus kembali dalam 3 hari. Selanjutnya buku buku yang sudah lewat 3 bulan sejak diedarkan atau buku buku lama dapat diatur untuk masa sewa yang berbeda.

Buku buku lama masih bisa di manfaatkan.
Buku buku yang sudah beredar selama lebih dari satu tahun masih bisa memberikan kontribusi yang baik, ini karena buku tidak lekang oleh waktu. Buku walaupun sudah lama akan tetap banyak yang mencari selama buku tersebut bagus dan pernah menjadi best seller, mungkin masih banyak yang belum membaca buku buku tersebut dan sering juga yang membaca ulang.

Manfaatkan moment tertentu
Pada bulan februari bisa diadakan Valentine Promo. Pada bulan tersebut buku buku lama pun  yang bagus yang terkait dengan tema percintaan bisa ditonjolkan. Resensi buku dan nama tokoh utama bisa ditempelkan pada dinding supaya mudah menarik perhatian penyewa. Kenangan masa lalu saat membaca buku tersebut bisa dibangkitkan kembali. Saat bulan puasa bisa juga di adakan promo, pada bulan ini bisa di tonjolkan buku buku islami dan motivasi.


Lokasi Taman Bacaan
Lokasi taman bacaan yang strategis sangat penting, dalam hal ini merupakan lokasi yang mudah diakses oleh calon penyewa. Lokasi ini juga mesti memperhitungkan keberadaan target penyewa kita, umumnya yang senang membaca adalah pelajar dan mahasiswa. Lokasi yang tepat berada di sekitar kampus perguruan tinggi dan sekolahan. Namun perlu diperhatikan biasanya lokasi strategis berbanding lurus dengan mahalnya biaya sewa atau harga tempat tersebut. Sementara harga sewa buku biasanya tidak berbeda antara suatu tempat dengan tempat lainnya. Lokasi yang tidak terlalu terlihat namun mudah diakses bisa dipilih sebagai tempat penyewaan buku. Umumnya biaya sewa tidak terlalu, promosi yang tepat pada tahap awal sudah cukup untuk mendatangkan calon penyewa.

Desain ruang taman bacaan
Pengunjung biasanya akan selalu melihat lihat terlebih dulu buku buku yang akan mereka sewa. Rak buku harus dibuat semenarik mungkin, namun daya tarik rak jangan sampai mengurangi informasi yang bisa ditampilkan. Sebisa mungkin hindari penumpukan buku. Minimal, sampul buku buku best seller baru harus terlihat secara keseluruhan.


Pengelompokkan judul buku berdasarkan kriteria tertentu harus dilakukan. Umumnya pembagian kategori tersebut adalah drama, novel, novel islami, motivasi, IT, komik dan bisa juga sesuai dengan pengarangnya. Lorong antar rak pajangan jangan terlalu sempit jangan juga terlalu lenggang. Jika terlalu sempit membuat orang susah bergerak untuk mencari buku yang mereka suka. Jika terlalu lenggang mengurangi ruang yang bisa digunakan untuk rak pajangan, kesan sepi dan sedikit juga bisa timbul jika jarak antar rak taman bacaan terlalu lebar. Pengaturan buku di rak juga bisa di sesuaikan dengan momen dan promo yang di lakukan taman bacaan saat itu. Semoga strategi usaha taman bacaan ini bisa membantu anda dalam membuka taman bacaan, silahkan lihat juga peluang usaha taman bacaan.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel

Akses ditolak!
Silahkan Login atau Register Untuk berkomentar!