Usaha Tanaman Hias

peluang usaha

User Rating: / 3
PoorBest 
Usaha Tanaman Hias - 2.7 out of 5 based on 3 votes

Pastikan anda Like UKM Kecil di Facebook untuk mendapat update inspirasi terbaru. Silahkan Login untuk merating artikel.

Usaha Tanaman Hias

Usaha Tanaman Hias

Usaha tanaman hias sempat mengalami masa booming sekitar 5 tahun yang lalu. Banyak wirausaha yang sukses meraih untung dari usaha tanaman hias ini. Kepopuleran usaha tanaman hias juga dipicu dengan popularitas sejumlah varietas tanaman hias tertentu yang bagi sebagian besar orang, khususnya kaum pecinta tanaman hias dinilai mempunyai keberuntungan tersendiri serta memiliki keelokan bentuk tanaman yang bercirikhaskan keunikan. Sebut saja anthurium atau tanaman yang biasa dikenal dengan sebutan ‘gelombang cinta’.

 

Mengoleksi tanaman hias merupakan hal yang sangat menyenangkan. Kita bisa merawat berbagai tanaman hias dirumah. Berbagai jenis tanaman saat ini sedang menjadi perhatian para peminat tanaman hias, bukan saja anthurium, tapi juga sansiviera, aglounema, beraneka bunga, tanaman hias buah buahan mini dalam pot dan lainnya. Di sinilah letak ladang bisnis bagi anda yang berminat untuk berbisnis aneka tanaman hias.

Usaha tanaman hias memang bukan jenis usaha baru di kalangan masyarakat, terutama di kalangan hobies tanaman hias. Bibit tanaman hias dapat diperoleh dengan harga yang relatif murah, bahkan bilakita memiliki pengetahuan tentang budidaya tanaman hias kita dapat mengembang biakan sendiri dari tanaman hias yang kita miliki. Asalkan kita cukup telaten dan sabar dalam merawat bibit tanaman hias tersebut, makan dalam beberapa bulan kemudian harganya bisa meningkat beberapa kali lipat. Walau begitu untuk jenis tanaman tertentu mungkin harus dirawat selama beberapa tahun, tapi hasil yang akan didapatpun bisa lebih besar lagi.

Usaha Tanaman Hias

Memulai Usaha tanaman hias

Sebetulnya untuk memulai usaha tanaman hias tidaklah sulit, yang di perlukan adalah ketelatenan, kesabaran dan terus belajar baik itu dari pengalaman, sesama hobies ataupun dari buku dan internet. Mulailah untuk melengkapi koleksi tanaman hias yang kita miliki, carilah bibit bibit tanaman hias murah di petani tanaman hias ataupun. Setelah koleksi tanaman hias anda cukup lengkap, mulailah berusaha mengembang biakan sendiri hingga mendapatkan bibit bibit tanaman hias. Rawatlah tanaman hias tersebut setiap hari dengan sepenuh hati sampai menghasilkan tanaman hias yang cantik dan harga jual tinggi. Kita dapat menjual tanaman hias baik itu bibitnya maupun tanaman hias yang telah "jadi" yang tentu harganya telah berlipat.

Agar usaha tanaman hias kita bisa berjalan dengan lancar, kita juga bisa membuat beberapa seperti berikut ini sebagai sarana promosi.

  1. Lengkapi koleksi tanaman hias yang di miliki
  2. Bergabunglah bersama komunitas para pehobies tanaman hias
  3. Ikutilah pameran tanaman hias sebagai sarana guna memperluas pasar pelanggan dan sharing diantara para penjual tanaman hias
  4. Buat kartu nama dan brosur untuk diberikan bagi para pelanggan
  5. Buat Spanduk atau banner yang mudah terlihat supaya orang orang yang lewat dapat mengetahui keberadaan usaha tanaman hias yang kita jalani.
  6. Buatlah tempat usaha kita semenarik mungkin dan bisa menarik perhatian para calon pembeli
  7. Ikutilah informasi seputar tanaman hias, baik itu harga pasaran saat ini, jenis tanaman hias yang sedang booming dan lain lain

Kita juga dapat meningkatkan target pasar kita dengan berpromosi lewat internet, baik itu lewat social media seperti Facebook, twitter, linkED, Google+ atau dengan membuat toko online sebagai toko media maya kita.

Saat ini memang peluang usaha tanaman hias agak menurun, tapi bukan berarti akan mati. Usaha tanaman hias ini akan terus berkembang mengikuti perkembangan para pencinta tanaman hias. Masih banyak wirausahawan di bidang ini yang optimis dalam memandang potensi bisnis tanaman hias. Mereka yakin pertumbuhan bisnis usaha tanaman hias dapat berkembang pesat dan bukan tak mungkin mendekati masa masa kesuksesannya. Keoptimisan ini juga dilandasi oleh semakin pesatnya pertumbuhan bisnis properti di tanah air. Bertambahnya jumlah perumahan, apartemen, hotel dan perkantoran dianggap dapat mendongkrak bisnis tanaman hias.

Tidak bisa dipungkiri, pembangunan di sektor properti belakangan ini tidak lagi sekedar mendirikan bangunan dan menawarkannya kepada masyarakat dengan hanya mengindahkan kekuatan gedung bangunan tersebut tapi juga memberikan kenyamanan dengan nilai nilai estetika pada tanaman hias. Pembangunan di sektor properti ini merupakan pasar baru bagi para wirausahawan tanaman hias, bahkan rumputpun dapat di jual dengan harga lumayan.

Gaya hidup eco-friendly dan isu global warming yang sudah menjadi tren saat ini turut menjadi pemicu kesadaran masyarakat akan pentingnya lingkungan asri yang indah dipandang mata. Masyarakat semakin peduli pada keindahan lingkungan dan penghijauan. Tidak salah kalau peluang usaha tanaman hias ini masih sangat menjanjikan, baik untuk pemain lama maupun bagi para pendatang baru.

 

 

Bahan Bacaan

  1. Google
  2. Kontan online
  3. 101 tips perawatan tanaman hias, Budi Hermawan Wijaya SPi
  4. Ciputra Enterpreneurship

Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel

Akses ditolak!
Silahkan Login atau Register Untuk berkomentar!