Home Peluang Usaha Usaha Rental VCD/DVD

Usaha Rental VCD/DVD

User Rating: / 11
PoorBest 
Usaha Rental VCD/DVD - 4.1 out of 5 based on 11 votes

Pastikan anda Like UKM Kecil di Facebook untuk mendapat update inspirasi terbaru. Silahkan Login untuk merating artikel.

peluang usaha
Written by Dody Tabrani   

Peluang Usaha Rental VCD/DVD

Usaha Rental VCD/DVD,penyewaan  VCD/DVD,rental vcd,
Usaha rental VCD/DVD sempat booming beberapa tahun yang lalu, sampai saat inipun  rental usaha VCD/DVD masih banyak di temukan dan tentu saja masih menguntungkan walaupun sudah banyak yang tumbang. Untuk membuka usaha rental VCD/DVD tidak boleh setengah setengah, sebab bisa jadi kita akan jalan di tempat atau malah tertinggal. Tentu saja modal usaha juga di perlukan untuk memulai usaha ini, apalagi bila usaha rental  VCD/DVD kita menggunakan  VCD/DVD original yang harga perkepingnya lumayan mahal.



Maraknya industri film dan musik didunia membuat peluang usaha rental VCD/DVD masih mampu dikitalkan guna mendapatkan penghasilan. Mungkin sudah banyak yang tumbang dalam usaha rental  VCD/DVD ini, namun bila kita bisa serius mengelolanya maka kita akan tetap bertahan dan mempunyai banyak langganan. Biasanya usaha rental VCD/DVD yang tumbang adalah mereka yang menggunakan VCD/DVD bajakan, mereka invest usaha rental VCD/DVD setengah hati dan dalam 1 atau 2 tahun tumbang. Selain VCD/DVD bajakan di larang, saat ini konsumen juga semakin pintar dan selalu ingin menyewa VCD/DVD yang original.

Yang terpenting dan harus di perhatikan adalah lokasi tempat usaha yang strategis, nyaman, mudah di jangkau dan aman. Setingan design interiornya juga mesti dibuat semenarik mungkin, senyaman mungkin dan dapat membuat pelanggan kita betah dan selalu ingin kembali. Berikut ini langkah yang bisa di ambil untuk mengelola tempat dan kelengkapan usaha penyewaan VCD/DVD

 

  1. Carilah tempat usaha yang cukup besar serta memadai guna memajang gambar dan kotak VCD/DVD yang akan disewakan, yang terbaik tentu di pinggiran jalan besar yang ramai. Namun jika sewa lokasi sangat mahal bisa membuka usaha rental VCD/DVD lebih masuk ke dalam gang.
  2. Persediaan judul judul VCD/DVD yang lengkap dan terbaru sangat menarik calon penyewa VCD/DVD guna datang ke suatu penyewaan VCD/DVD.
  3. Kita bergerak di industri film dan musik, karena itu kita sebagai wirausaha mesti mampu menanamkan hobby menonton film dan mendengar musik, atau minimal kita tahu banyak, mengikuti  dan mau belajar mengenai film dan musik.
  4. Film di sewakan sedangkan untuk musik di perjual-belikan, namun ada beberapa film yang juga dapat dijual-belikan seperti film serial.
  5. Dalam tahap awal kita bisa membeli film-film lama yang paling laris, bisa diambil dari daftar box office atau yang pernah tenar di zamannya. Sebab umumnya film lama harga originalnya murah dan ini hanya untuk meramaikan isi rental kita.  Film lama disini bukan berarti lama sekali, tetapi film yang bermutu dan bisa ditonton serta masih bisa diterima pada trend sekarang.
  6. Sering membeli film-film baru terutama yang terlaris 3 tahun terakhir, amati terus perkembangan perfileman. Jika ada film baru muncul kita mesti sudah siap untuk membeli film itu.
  7. Untuk CD MP3 belilah yang kompilasinya menarik dengan kumpulan lagu terlaris, amati terus perkembangan musik setiap ada lagu baru kita mesti segera memiliki lagu tersebut.
  8. Tempellah poster-poster film di rental kita, poster-poster ini bisa kita peroleh dengan membeli majalah film atau memintanya di toko penjual film original.  Ini untuk menarik orang agar datang berkunjung, tempel didepan rental VCD/DVD kita dan ganti jika ada film baru lagi.
  9. Buat sebuah daftar film berdasar genre, abjad, atau katagori lainnya dan pajanglah di dinding. Daftar ini dimaksudkan supaya memudahkan pelanggan untuk menyewa film yang ingin ditontonnya.  Terkadang daftar ini akan menjadi daya tarik tersendiri, pada awalnya ia ingin menyewa satu film saja namun karena melihat daftar maka ia akan tertarik untuk menyewa yang lainnya.  Kita juga dapat membuat daftar film dan music tersebut di dalam sebuah komputer khusus, bisa hanya memakai program excel yang menampilkan daftar tersebut atau program input data bila kita menguasai  programing.
  10. Buatlah etalase atau rak pajang sebagai tempat memajang VCD/DVD, VCD/DVD harus disusun secara teratur hingga pelanggan dapat mencari film yang di inginkannya dengan mudah. Atur lah sesuai dengan genre seperti  Action, Drama, Animasi, Fiksi Ilmiah, Serial, dan tambahkan juga Best Seller yaitu kategori yang paling sering disewa oleh pelanggan.  Untuk film terbaru letakkan di etalase paling depan dan beri tampilan yang menarik dan beri keterangan “Film Terbaru”.
  11. Siapkan satu buah televisi di rental VCD/DVD kita dan tampilkan trailer-trailer film yang masih baru atau coming soon, trailer bisa kita peroleh di VCD/DVD Original kita yang biasanya muncul sebelum film diputar.  Untuk itu kita juga mesti belajar software pengedit video seperti Ulead Video Studio guna memotong tayangan trailer ini dan mengkompilasinya.  Untuk suara gunakan speaker aktif yang dapat memperdengarkan suara yang baik, jangan mengandalkan suara dari tv nya.  Tidak perlu baru, yang bekas juga boleh asal masih baik.
  12. Minimal untuk koleksi VCD/DVD awal antara 200 1000 judul film lama, dan minimal 100 judul VCD/DVD terbaru.
  13. Usahakan film terbaru harus original, film lama boleh campuran antara original dan bajakan original karena biasanya film lama lebih murah originalnya. Namun ada kalanya film baru yang original harus menunggu agak lama, mungkin kita bisa menyiasatinya dengan membeli bajakan yang biasanya sudah muncul saat film tersebut di putar di bioskop (Not rekomended) namun jangan di pajang. Berikan hanya untuk yang menanyakan dan mesti di jelaskan kondisi VCD/DVD film tersebut yang mungkin jelek, segera musnahkan bila VCD/DVD original film tersebut didapat.


Selain masalah kelengkapan VCD/DVD dan tempat usaha, kita juga mesti mengelola pelanggan kita. Untuk itu kita mesti mengenali setiap pelanggan kita, termasuk watak dan jenis film kesukaannya. Ada beberapa tips untuk mengelola pelanggan kita.

  1. Kita mesti membuat kartu pelanggan untuk mengenali pelanggan kita.
  2. Berikan bonus jika menyewa beberapa film sekaligus ( setiap 10 film bonus 1 misalnya ) dan setiap berapa kali penyewaan (setiap 10x sewa bonus 1), ini untuk menarik pelanggan supaya lebih sering berkunjung dan lebih banyak menyewa VCD/DVD kita.
  3. Tawarkan film-film terbaru kepada pelanggan yang belum tahu dan tawarkan pula lanjutan dari film yang sudah disewa oleh pelanggan, misal pelanggan itu baru selesai menyewa Harry Potter 5 maka tawarkan Harry Potter 6.
  4. Usahakan pelanggan selalu menyewa lagi sesudah mereka mengembalikan film, maka dari itu sesudah pelanggan mengembalikan film yang disewanya segera tawarkan kembali film lainnya yang mungkin belum pernah mereka tonton.
  5. Buatlah kertas komentar dan polling disetiap film yang disewakan, buat kecil2 saja yang penting jelas.. misal polling mengenai bagusnya film di ukur dengan point 4-10 dan ada komentar dari penontonnya.  Catat dan Hitung jumlah orang yang telah menyewa film tersebut, kemudian tempelkan dikotak pajangnya agar bisa dilihat oleh pelanggan lain sehingga ia tertarik untuk menonton setelah melihat dan membaca polling dan komentar pelanggan lain yang sudah menonton.
  6. Catat jika ada film yang belum tersedia dan paling sering ditanyakan oleh pelanggan, dan beli dengan segera.
  7. Sesudah habis ditonton, tanyakan kepada pelanggan apakah VCD/DVD masih dalam keadaan baik, jangan sampai ada rusak atau macet namun masih kita sewakan. Buat garansi bila VCD/DVD macet bisa di ganti dengan film lain free.
  8. Sesekali adakan promo undian berhadiah atau sistem tukar point, misal tiap sewa 3 film dapat 1 point. Jika memiliki 10 point akan mendapat hadiah A dan jika memiliki 20 point akan mendapat hadiah B dan seterusnya.
  9. Pelanggan adalah raja, puaskan pelanggan dengan film2 yang berkualitas. Jika itu VCD/DVD bajakan bilang bajakan, kalo tidak bagus bilang tidak bagus jangan ditutup-tutupi.


Kesediaan judul judul film yang lengkap dan terbaru sangat menarik calon penyewa film untuk datang ke suatu rental VCD/DVD. Untuk film-film terbaru dan best seller mesti disediakan jumlah VCD/DVD yang cukup agar calon pelanggan bisa segera menonton film kesukaan mereka. bila pelanggan tidak dengan segera mendapatkan film baru tersebut, pelanggan akan beralih ke penyewaan VCD/DVD lain. Bisa juga film tersebut dengan segera akan menjadi film lama sebab film-film baru yang lain sudah muncul.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel

 

Akses ditolak!
Silahkan Login atau Register Untuk berkomentar!

Joomla templates by a4joomla