Peluang Usaha Makanan dan Minuman

peluang usaha

User Rating: / 10
PoorBest 
Peluang Usaha Makanan dan Minuman - 4.2 out of 5 based on 10 votes

Pastikan anda Like UKM Kecil di Facebook untuk mendapat update inspirasi terbaru. Silahkan Login untuk merating artikel.

Peluang Usaha Makanan dan Minuman

Peluang Usaha Makanan dan Minuman

Peluang usaha makanan dan minuman merupakan pilihan bagi banyak orang yang memiliki  modal pas pasan, walau begitu peluang usaha makanan dan minuman juga sangat  menjanjikan. Mengapa begitu, sebab keuntungan yang di dapat bisa berlipat ganda dari  modal yang di keluarkan untuk operational. Walau begitu ternyata memulai peluang usaha  makanan dan minuman tidak semudah yang di bayangkan, banyak sekali para calon  wirausaha yang tumbang hanya dalam hitungan bulan sejak pertama kali memulai usaha.

 

 

Tantangan dalam peluang usaha makanan dan minuman memang cukup besar, dan tantangan  terbesar justru dari diri kita sendiri. Usaha kecil di bidang makanan memerlukan waktu dan  operasional yang totalitas, malah bisa jadi anda harus bangun tiap malam untuk menyiapkan  bahan makanan yang akan kita jual untuk esok hari. Tentu saja ini bukan untuk yang memiliki  mental lemah, sebelum memulai usaha makanan dan minuman kita harus memiliki cara berpikir  dan bisa yakin untuk siap mental terlebih dahulu .

 

Peluang usaha makanan dan minuman memang termasuk dalam usaha modal kecil, ini karena  modal yang dibutuhkan memang relatif sedikit dan usaha makanan dan minuman kita sudah  bisa berjalan. Peluang usaha makanan dan minuman merupakan salah satu usaha tertua yang  ada di dunia. Hal ini dikarenakan bahwa tanpa makan, manusia tidak akan dapat beraktifitas  dengan baik. Saat ini, asalkan kita bisa berkreasi maka apapun peluang usaha makanan dan  minuman bisa menghasilkan. Persoalan gizi makanan bisa kita angkat sebagai peluang usaha  kita, kita bisa mengklaim bahwa produk makanan kita bisa lebih sehat dari yang sudah ada.

 

Memiliki cara berpikir seperti ini bagus sebagai titik awal dalam memulai usaha makanan. Di  samping itu ada beberapa tips dibawah ini yang bisa di jadikan acuan sebelum memulai bisnis  usaha makanan dan minuman :

  1. Yang pertama kali harus kita miliki adalah pola pikir sebagai pengusaha, kesiapan mental dan kesiapan fokus pada usaha. Bisa di bilang ini adalah yang terpenting sebelum memulai usaha kecil menengah apapun juga.
  2. Pilih di jenis makanan atau minuman apa kita akan fokus, disarankan kita sudah menguasai cara membuat makanan dan minuman atau tahu resep makanan dan minuman tersebut. Cobalah buat dahulu beberapa kali sebagai uji coba, berikan pada keluarga, teman atau tetangga dan minta pendapat mereka tentang rasa, tampilan dan perkiraan harga makanan dan minuman tersebut.
  3. Lihat baik baik pesaing di sekitar tempat usaha, jika terlalu banyak sebaiknya anda hindari kecuali anda benar benar yakin dengan kwalitas produk anda dan harga.
  4. Jika sudah banyak pesaing di tempat usaha, sebaiknya anda membuat inovasi baru dan berkreatif, anda bisa memanfaatkan isu kesehatan makanan dan buatlah inovasi yang lebih sehat, halal dan murah. Atau bahkan bisa juga sebaliknya, dengan menggunakan lemak dan kata yang aneh.
  5. Harga yang ditawarkan jangan melebihi harga pasaran, kecuali usaha anda sudah berbentuk Cafe atau Restoran barulah harga dapat di sesuaikan. Namun bila berusaha masih di outlet atau kaki lima sebaiknya menerapkan harga standar untuk produk tersebut.
  6. Ramah dalam melayani pembeli dan selalu sabar dengan pesanan yang terkadang banyak maunya, usahakan untuk bertegur sapa dengan pembeli terutama bila pembeli sudah menjadi pelanggan tetap.
  7. Kecepatan dalam menyajikan pesanan juga harus secepat mungkin.
  8. Kebersihan tempat usaha makanan dan minuman juga menjadi aspek penting dalam peluang usaha makanan dan minuman ini, jangan sampai pelanggan jijik dengan tempat usaha yang akibatnya tidak jadi membeli makanan dan menyebabkan usaha kecil anda akan sepi pengunjung.
  9. Jam buka dan tutup usaha makanan dan minuman anda harus terjadwal, jangan sampai calon pembeli datang dari jauh ternyata usaha makanan anda sedang tutup dan membuatnya kecewa.
  10. Buat tempat usaha menjadi unik dan nyaman untuk di kunjungi dan ditempati, sesuaikan juga dengan latar belakang masyarakat tempat usaha yang menjadi target anda.

 

Peluang usaha makanan dan minuman tidak akan berbuah manis ketika produk yang kita pilih tidak dapat menjawab selera pasar. Kita boleh saja berjualan steak di mana saja namun dengan cita rasa yang khas dari masakan steak tersebut, namun pertanyaannya adalah bagaimana selera masyarakat di sekitar tempat usaha anda dan latar belakang mereka.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel

Akses ditolak!
Silahkan Login atau Register Untuk berkomentar!