Home Peluang Usaha Peluang Usaha Kulakan Sayuran

Peluang Usaha Kulakan Sayuran

User Rating: / 11
PoorBest 
Peluang Usaha Kulakan Sayuran - 4.9 out of 5 based on 11 votes

Pastikan anda Like UKM Kecil di Facebook untuk mendapat update inspirasi terbaru. Silahkan Login untuk merating artikel.

peluang usaha
Written by Dody Tabrani   

Peluang Usaha Kulakan Sayuran

Peluang Usaha Kulakan Sayuran, Usaha Kulakan Sayuran,Peluang Usaha, Kulakan Sayuran,pedagang sayur, pedagang grosir sayur, tengkulak sayuran,pasar induk,usaha grosir

Menjadi seorang tengkulak dan berusaha kulakan sayur, peluang usaha kulakan sayur sangat  menguntungkan dari segi bisnis. Saat ini muncul persepsi negatif terhadap usaha tengkulak yang  di anggap terlalu menekan para petani dengan harga murah dan menjualnya di pasar dengan  harga tinggi, tidak jarang para tengkulak juga sering meminjamkan uang pada para petani dan  memberi bungan yang tinggi sebagai cara mengikat para petani tersebut agar selalu menjual hasil  pertanian hanya padanya. Inilah yang menyebabkan tengkulak sering di artikan juga sebagai  rentenir yang menebar jaring laba-labanya pada para petani.

 

Lalu apa salah jika kita menjadi seorang tengkulak dan menjalani usaha kulakan sayuran? Tentu  tidak salah jika kita menjalaninya dengan tanpa merugikan orang lain dalam hal ini utamanya  adalah para petani. Lalu apa sebenarnya Usaha kulakan sayuran itu, usaha kulakan sayuran  adalah usaha perdagangan dengan membeli sayuran langsung dari para petani dan menjualnya  ke pasar pasar (pasar induk) secara grosir atau kulakan, baik itu menjualnya kepada para  pedagang sayur besar di pasar atau langsung membuka kios sayur di pasar tersebut untuk di jual  kembali pada para pedagang sayur.

Saat ini perbedaan harga yang tinggi antara harga sayuran di petani dengan harga sayuran di  tingkat pengecer sangat tinggi, bisa mencapai lebih dari 2 kali lipat. Harus di akui hal ini sering di  akibatkan oleh permainan para tengkulak dan pedagang sayuran besar, namun ini bisa menjadi  peluang usaha yang bagus bagi anda. Tingginya perbedaan harga merupakan cermin tingginya  keuntungan bagi usaha kulakan sayuran ini.

Potensi pertanian khususnya sayur-sayuran banyak terpusat di daerah daerah penghasil  sayur-mayur seperti daerah Modoinding, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), Sirampog di  Brebes bagian Selatan, Tanjungsari sebelah utara Kabupaten Sumedang, Puncak Jawa Barat dan  daerah dataran tinggi lainnya. Untuk memulai usaha ini anda membutuhkan modal yang cukup  untuk membeli sayuran dari para petani, selain itu kendaraan angkutan seperti truk atau  kendaraan roda empat bak terbuka juga wajib anda miliki sebagai sarana mengangkut sayur  sayuran yang anda beli ke pasar.

Membuat Kelompok Tani

Sebaiknya anda mempunyai petani binaan atau petani yang terbiasa menjual hasil kebun mereka  ke pada anda dari pada ke tengkulak lain, usahakan memberikan harga yang lebih tinggi dari para  tengkulak lain di daerah tersebut. Dengan demikian petani akan lebih memilih menjual hasil  pertanian pereka kapada anda, usahakan anda tidak terlibat dengan bisnis pinjam meminjam yang  pada akhirnya akan mendekati rentenir dan ini akan membuat anda tidak disukai oleh para petani  maupun lembaga lembaga pemerintah, LSM, dan lembaga lain yang membentu para petani. Bila  memang anda ingin membantu para petani maka bantulah dengan wajar dan usahakan jangan  memberikan bunga.

Anda juga bisa membuat kelompok tani atau komunitas pertanian lainnya sebagai sarana  mempermudah komunikasi dan jual beli hasil pertanian dengan para petani, bahkan bila mungkin  dibuatkan Koperasi sebagai wadah para petani. Dan anda sebagai tengkulak yang nantinya akan  membeli hasil pertanian yang di kumpulkan oleh kelompok tani atau koperasi tersebut ke pasar  induk. Dengan demikian tidak ada yang dirugikan baik petani maupun anda sebagai tengkulak,  bila ini terjadi maka usaha kulakan sayuran anda akan lebih cepat berkembang dan mendapat  kepercayaan dari para petani.

Hal lain yang mesti anda lakukan sebagai tengkulak adalah menjual sayuran yang anda beli dari  para petani pada para pedagang sayur skala besar di pasar induk. Anda harus pintar pintar  menyiasati hal ini dan mempertahankan harga jual setinggi mungkin, sebab ini bukan hanya akan  mempengaruhi keuntungan anda, tapi juga pada akhirnya para petani di bawah anda. Usahakan  anda menjalin hubungan baik dengan para pedagang sayur besar di pasar ini, ketersediaan stock  hasil pertanian yang besar yang bisa anda kirim ke pasar induk juga merupakan suatu nilai  tambah dan mempertinggi nilai tawar.

Menyewa Kios di Pasar Induk

Anda juga bisa menyewa kios sendiri dan menjual sayuran  yang anda bawa di kios tersebut, namun hal ini umumnya jarang di lakukan karena keterbataan  fisik para tengkulak untuk menjalankannya. Untuk menyiasatinya anda dapat mempercayakan pengelolaan kios ini pada orang yang anda percayai atau saudara, jadi anda dapat tetap fokus pada usaha kulakan sayur dengan petani

Usaha kulakan sayuran ini cukup mudah di lakukan, asalkan anda dapat menjalin hubungan baik  dengan petani dan para pedagang kulakan sayur dipasar. keuntungan yang di dapat cukup  menjanjikan. Namun anda juga mesti bisa merawat tubuh karena usaha kulakan ini memerlukan  waktu khusus untuk di jalani, yaitu saat malam hari di mana anda membawa sayuran dari petani  ke pasar induk. Semoga peluang usaha kulakan ini bisa anda manfaatkan dengan sebaik baiknya  dan juga bisa mensejahterakan para petani binaan.

 

foto: http://beritadaerah.com/denyuts/getContent/60115


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel

 

Akses ditolak!
Silahkan Login atau Register Untuk berkomentar!

Joomla templates by a4joomla