Peluang Usaha Keripik Singkong

peluang usaha

User Rating: / 23
PoorBest 
Peluang Usaha Keripik Singkong - 4.7 out of 5 based on 23 votes

Pastikan anda Like UKM Kecil di Facebook untuk mendapat update inspirasi terbaru. Silahkan Login untuk merating artikel.

Peluang Usaha Keripik Singkong

usaha modal kecil keripik singkong
Siapapun pasti mengenal kripik singkong dengan kriuk dan gurihnya, ataupun dengan manis pedas baladonya. Pangsa pasar kripik singkong masih sangat luas dan beragam, mulai dari masyarakat menengah kebawah sampai target pasar menengah ke atas.

Pemasaran

Ada banyak cara untuk memasarkan produk keripik singkong buatan anda
1. Yang pertama mulailah dengan yang kecil, kenalkan keripik singkong anda ke teman teman dekat, tetangga tetangga di sekitar komplek anda. berilah sedikit tes produk agar mereka bisa mencicipi keripik singkong buatan anda supaya mereka tertarik membeli.

2. Bila keripik singkong buatan anda mulai bisa di terima dan banyak penggemar, mulailah merambah pasar baru dengan menitipkannya di toko toko, minimarket atau toko khusus oleh oleh di tempat anda.

3. Bila modal semakin kuat anda bisa membeli beberapa gerobak dorong sebagai ajang pemasaran anda , pekerjakanlah orang orang di sekitar anda. Bila anda sudah mempunyai sepuluh gerobak aktif maka anda sudah menjadi juragan keripik singkong di daerah anda

4. Manfaatkanlah teknologi internet dan social network seperti Facebook dan twiter sebagai sarana penjualan anda yang lain, perbanyaklah teman dan follower anda.

5. Gunakan penjualan yang kreatif yang hanya sedikit orang menjalaninya. sebagai contoh beberapa waktu yang lalu saat acara "Car free day"di Jakarta ada sekelompok anak muda memanfaatkannya dengan berjualan keripik singkong menggunakan mobil yang mereka parkir sejak subuh sebelum "Car free day"di mulai , hasilnya lumayan apalagi produk mereka telah di kenal luas di media internet walaupun harga yang mereka tawarkan cukup tinggi.

Cara Membuat Keripik Singkong

Bahan Utama:
1. Singkong
2. Serutan buah (biasa yg buat rujak) atau bisa juga menggunakan mesinpemotong singkong jika usaha anda mulai berjalan baik
3. Soda kue / kapur sirih


Bumbu:

Semua bumbu masakan bisa dipakai,beli bumbu jadi / bumbu kering halus dipasar. Bisa pakai bumbu rendang, bumbu kari, atau bumbu kacang. silahkan bereksperimen, karena keripik singkong sendiri memang tidak punya bumbu paten. aneka sambel juga biss dibuat bumbu, seperti sambel terasi, sambel goreng, sambel petis dll, hanya saja tidak perlu ditambahkan tomat, karena jika memakai tomat singkong akan berjamur.

Banyak info mengenai proses pengempukan singkong, ada yang bilang pakai kapur sirih, ada yang bilang di rendam selama 12jam, ada yang bilang tergantung dari pemilikan singkong, ada juga yang bilang direbus dulu. Saya sendiri memakai Soda Kue, disini saya kasih rahasianya karena berbagi itu indah

Langkah langkah membuat keripik singkong

1. beli singkong yang masih fresh belum lebih dari satu hari setelah dicabut dari akarnya
2. setelah proses pengirisan selesai cuci singkong hingga bersih (singkong jangan diiris terlalu tipis)
3. lalu rendam singkong dengan air panas
4. campurkan soda kue dalam air rendaman (1sdt/1liter air) atau bisa juga dengan menggunakan air kapur sirih selama sekitar 1 sampai 4 jam untuk memperoleh kualitas keripik yang lunak dan renyah
5. diamkan air hingga dingin
6. bilas singkong dan tiriskan
7. goreng dengan api yg besar (perbandingan minyak dan singkong adl 3:1)
8. tiriskan lalu diamkan hingga dingin
9. tumis bumbu yg sudah disiapkan
10. setelah bumbu kering matikan/kecilkan api lalu masukan kripik dan campur rata
11. setelah bumbu tercampur rata, tiriskan dan diamkan hingga dingin
12. setelah itu silahkan dicoba, masalah enak atau tidak enak itu tergantung dari bumbu yang anda pilih


CATATAN*: jika setelah dicampur bumbu basah, singkong menjadi lembek itu berarti bumbu terlalu berair atau belum kering saat ditumis, namun tidak perlu khawatir ada 2 cara untuk membuat singkong renyah kembali, yaitu dengan cara di goreng lagi dengan api yang besar namun dengan resiko rasa di singkongnya akan sedikit hambar,atau bs dengan oven agar tidak merubah rasa (disarankan pakai oven kompor).

Pengemasan.

Untuk kemasan keripik singkong, Anda bisa menggunakan kantong plastik yang di desain dengan menarik, untuk melekatkan kantong plastiknya bisa digunakan hand sealer atau alat pengemas plastik. Jangan lupa berilah MerkĀ  atau Brand agar orang mudah mengingatnya

Mengenai harga, anda bisa survey harga ke pasar dan toko-toko terdekat, saat ini harga keripik singkong di pasaran per kemasan kecil bervariasi dari Rp. 2.500,- hingga Rp. 5.000,-, tergantung dari target pasarnya.

Selamat berusaha dan terus berinovasi!


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel

Akses ditolak!
Silahkan Login atau Register Untuk berkomentar!