Peluang Usaha Es Teler

peluang usaha

User Rating: / 11
PoorBest 
Peluang Usaha Es Teler - 5.0 out of 5 based on 11 votes

Pastikan anda Like UKM Kecil di Facebook untuk mendapat update inspirasi terbaru. Silahkan Login untuk merating artikel.

Peluang Usaha Es Teler

Peluang Usaha Es Teler

Peluang Usaha Es Teler

Es teler atau biasa juga di kenal dengan sebutan es campur merupakan minuman es yang berisi potongan buah nangka, alpukat, kelapa muda , santan kelapa encer dan sirup pemanis. Variasi lain es teler bisa ditambah dengan cincau hitam, kolang kaling, pacar cina, pepaya, apel, sawo, melon, roti dan agar agar. Variasi es teler sebetulnya agak sulit di bedakan dengan es buah biasa karena memiliki bahan baku yang hampir sama, es yang digunakan bisa es serut atau juga es batu. Harga es teler yang dijual di pinggiran jalan umumnya sekitar Rp 5.000 hingga Rp 8.000, tapi bila kita menjualnya di pusat perbelanjaan, Mall dan Cafe khusus kita bisa menjualnya di atas Rp 10.000. Peluang usaha es teler memiliki prospek yang masih bagus.

 

 

Tempat usaha Es Teler

Seperti umumnya usaha makanan dan minuman, lokasi yang cocok untuk usaha es teler adalah di tengah keramaian. Pusat perbelanjaan, pasar, pinggiran jalan, sekolahan, stasiun, terminal, di sekitar perkantoran dan tempat lain yang sering didatangi dan dijadikan tempat berkumpul orang orang dapat di jadikan lokasi usaha es teler. Pastikan tempat usaha bisa dengan mudah dilihat dari segala penjuru dan gampang di akses.

 

Bahan Baku Es Teler

Bahan baku es teler adalah buah buahan dan es. Jenis buah buahan yang di gunakan antara lain adalah alpukat, nangka, dan kelapa muda. Sedangkan sebagai pelengkap diantaranya kolang kaling, sirup, air gula dan susu kental manis. Hanya bahan baku yang masih segar dan berkualitas yang layak digunakan sebagai es teler, sebab semakin segar dan berkualitas bahan baku yang digunakan akan semakin enak dan nikmat pula es teler yang dihasilkan.


Perlengkapan Usaha Es Teler

Usaha es teler tidak memerlukan banyak perlengkapan usaha, yang kita butuhkan hanya gerobak atau etalase untuk menyimpan sekaligus memajang bahan baku dan peralatan usaha. Selain itu, kita juga mesti mempunyai beberapa toples kecil untuk menyimpan buah yang sudah di potong, pisau buah, serutan es dan termos es. Juga mesti tersedia mangkuk dan sendok bagi pembeli yang ingin makan di tempat. Berikut ini perkiraan biaya awal yang mesti dikeluarkan untuk membeli perlengkapan.

 

Perlengkapan Usaha Harga

Etalase atau gerobak 2.000.000 - 3.000.000

Toples berbagai ukuran 100.000-200.000

Pisau buah 20.000-30.000

Serutan es 50.000-100.000

Termos es 100.000-200.000

Peralatan makan 200.000-300.000

Meja dan kursi 300.000-400.000


Promosi dan Pemasaran Usaha Es Teler

Memasang spanduk besar yang mudah terlihat merupakan promosi yang paling sering di pakai untuk menandakan lokasi usaha es teler kita, buatlah spanduk dengan tulisan mudah di baca dan menarik. Kita juga dapat menyebarkan brosur disekitar tempat usaha. Harga yang bersaing dan rasa yang lezat juga merupakan promosi gratis yang paling baik.

 

Resiko Usaha Es Teler

Seperti umumnya usaha minuman dingin lainnya, cuaca merupakan sebuah resiko tersendiri yang mesti di hadapi. Saat hujan secara otomatis pengunjung yang mencari es teller akan sedikit, anda mesti bisa memprediksi berkurangnya penjualan terutama di musim hujan. Resiko lain adalah bila bahan yang sudah kita siapkan (sudah di kupas dan di potong potong) tidak habis terjual, walaupun mungkin kita bisa mengakalinya dengan memasukan ke lemari pendingin, namun kwalitas dan kesegarannya akan jauh berkurang dan ini akan berpengaruh pada rasa. Sebaiknya bahan sisa di buang saja atau di makan sendiri.

 

Saat usaha kita sudah berjalan dengan baik dan memiliki banyak pelanggan, kita tentunya ingin agar usaha es teler kita lebih berkembang lagi. Bila anda memiliki cukup modal usaha untuk invansi bisnis dengan membuka cabang baru tentu tidak akan begitu kesulitan dalam mengembangkan bisnis ini. Namun bagi anda yang sulit untuk membuka cabang sendiri, anda bisa menjalankan sistem waralaba sebagai alternatif dalam mengembangkan usaha. Sebut saja Es Teler 77, Es Teler 77 merupakan contoh waralaba sukses di bidang ini. Sebagai langkah awal, kita bisa menawarkan waralaba pada para pelanggan kita yang berniat membuka usaha. Besarnya nilai waralaba bisa di rundingkan bersama atau dapat juga berdasarkan penilaian atas besar kecilnya usaha yang akan di waralaba-kan.

Image by google


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel

Akses ditolak!
Silahkan Login atau Register Untuk berkomentar!