Peluang Usaha Es Krim Keliling

peluang usaha

User Rating: / 8
PoorBest 
Peluang Usaha Es Krim Keliling - 5.0 out of 5 based on 8 votes

Pastikan anda Like UKM Kecil di Facebook untuk mendapat update inspirasi terbaru. Silahkan Login untuk merating artikel.

Peluang Usaha Es Krim Keliling

Pedagang Es Krim Keliling Menggunakan Soft Ice Cream

Peluang usaha es krim keliling ini kembali saya ulas setelah melihat makin banyaknya para  pengusaha ice cream baru yang membuka usahanya. Sebelumnya saya sudah mengulas  Usaha Kecil Cafe Ice Cream, yang memang saat ini sedang booming dan menjamur di mana  mana dan memberikan keuntungan yang besar. Walau begitu untuk membuka usaha kecil cafe  ice cream tentunya tetap saja memerlukan modal usaha yang lumayan dan mesti tersedia,  untuk itulah sekarang saya mengulas peluang usaha es krim keliling sebagai usaha modal  kecil dengan keperluan modal usaha yang lebih minim tentunya.

 

Mengenali Apa Itu Es Krim

Siapa tidak suka es krim, Es krim adalah makanan beku yang biasanya terbuat dari produk  susu, seperti susu dan krim dan sering dikombinasikan dengan buah-buahan atau bahan lain  dan rasa. Kebanyakan variasi es krim mengandung gula, walaupun beberapa es krim dibuat  dengan menggunakan pemanis lainnya. Dalam beberapa kasus, perasa buatan dan pewarna  yang digunakan bukan dari bahan-bahan alami. Campuran bahan-bahan yang dipilih diaduk  perlahan-lahan sambil pendinginan, untuk memasukkan udara dan untuk mencegah kristal es  besar dari pembentukan. Hasilnya adalah busa semi-padat lancar bertekstur yang mudah  dibentuk dan dapat diraup dengan nama Ice Cream.

Jenis Jenis Es Krim

Es krim bisa di bagi menjadi dua jenis, yaitu Hard ice cream ( es krim keras ) dan Soft Ice  Cream ( es krim lembut ).

1. Hard ice cream . Yaitu es krim yang biasa anda beli di toko toko seperti eskrim walls,  diamond dan lain sebagainya. Es krim jenis inilah yang bisa kita buat sendiri dengan rasa  yang tidak kalah lezatnya, vareasi jenis es krim ini sangat beragam dan biasa juga di sajikan di  cafe cafe ice cream maupun restoran.

2. Soft ice cream . Yaitu es krim yang berasal dari susu dan biasa di sebut Softmix yang di olah  dalam Ice Cream Mechine, pada dasarnya mesin es krim ini membuat softmix tersebut  mengembang menjadi busa busa es krim. Kita biasa mengenalnya dengan nama Ice Cream  Cone yang biasa di jual di fastfood dan booth es krim.

Lalu bagaimana anda memulai peluang usaha es krim ini? bagaimana jika anda tidak dapat  membuat ice cream ? Untuk memulai peluang usaha es  krim keliling ini anda harus tentukan dulu jenis es krim mana yang akan anda buat dan di  jadikan fokus usaha. Sebelumnya harus anda ingat, bila memilih Soft ice cream maka anda  membutuhkan modal yang cukup untuk membeli mesin es krim, genset dan kendaraan untuk  alat tranfortasi keliling. Namun bila anda memilih fokus pada Hard Ice Cream, anda dapat  menghemat modal usaha karena tidak perlu membeli mesin es krim, genset dan alat transfortasipun dapat menggunakan gerobak, gerobak sepeda atau sepeda.

Jika yang anda putuskan adalah usaha soft ice cream maka modal awal yang harus di  keluarkan adalah membeli mesin ice cream dan Portable freezer box (thermos Ice Cream khusus untuk Softmix). Harga mesin ice cream yang kecil dan hanya dapat  membuat satu rasa harganya sekitar 5 juta rupiah, namun jika memilih yang dapat 2 hingga 3  rasa bisa mencapai lebih dari 20 juta rupiah. Untuk mencari mesin ice cream silahkan kilk mesin  ice cream Google dan mereka juga akan memberikan suplai softmix bagi anda, saran saya  gunakan softmix dari indomilk atau diamond yang merupakan softmix mesin ice cream yang di  pakai di fastfood dan restaurant. Selain mesin ice cream anda juga memerlukan Genset untuk  menyalakan mesin ice cream ini, harganya berkisar 2 juta hingga belasan juta rupiah. Jangan  terlalu besar baik ukuran maupun daya yang di keluarkannya, hal ini untuk mempermudah  pengangkutannya menggunakan mobil Ice Cream keliling anda.

Bila yang anda putuskan adalah jenis Hard Ice Cream, peralatan yang di butuhkan hanyalah  Frezer atau lemari pembeku atau bisa juga menggunakan kulkas dirumah yang mempunyai  frezer untuk membuat es. Harga frezzer berkisar Rp 2 juta untuk ukuran kecil ( ukuran frezzer  100 liter ), ini sudah cukup untuk memulai usaha es krim keliling. Selain itu biaya untuk  membuat gerobak becak es krim berkisar Rp 2 juta hingga Rp 3 juta saja, dengan modal ini  anda sudah bisa memulai usaha es krim sendiri. Peralatan lain adalah Portable freezer box (thermos Ice Cream khusus tanpa listrik). Langkah selanjutnya adalah cara membuat es  krim yang enak, mungkin anda mengalami Trial dan erorr saat pertama kali membuat es krim  sendiri. Namun ini merupakan langkah yang baik, cobalah terus hingga anda bisa membuat Ice  Cream yang enak, baru, inovative dan layak jual. Cara membuat es krim atau resep es krim bisa anda lihat di Resep dan Cara Membuat Es Krim.

Memilih lokasi usaha yang baik juga sangat menentukan keberhasilan usaha ice cream ini.  Karena target pasar anda adalah anak kecil sampai orang dewasa jadi sebaiknya dekat dengan  Sekolah atau Kampus, atau tempat rekreasi dan berkumpulnya orang orang. Buatlah Time  managemant atau daftar keliling. Sebagai contoh, saat jam istirahat sekolah kita bisa  "merapat" ke sekolah tersebut. Setelah istirahat usai kita mulai keliling ke permukiman,  usahakan jadwal kedatangan kita selalu terpenuhi setiap waktu agar pelanggan bisa  menunggu kedatangan kita. Untuk Es krim Hard juga bisa kita titipkan di toko toko sekitar  anda atau juga memanfaatkan event event tertentu seperti kawinan dan lain lain.

Untuk mengembangkan usaha es krim, anda juga bisa memperkerjakan beberapa orang untuk  berjualan es krim keliling. Anda tinggal membuat es krim hard dirumah dan yang lain yang  menjualkannya, buatkanlah beberapa gerobak yang menarik sebagai sarana "Para Sales" anda  berjualan. Namun sistem ini hanya berlaku bila anda memilih jenis Hard Ice Cream, sebab  untuk Soft Ice Cream modal yang anda keluarkan sama besarnya. Tidak seperti Hard Ice  Cream yang hanya tinggal menambah gerobak saja dan Portable freezer box (thermos Ice Cream khusus tanpa listrik) sebagai tempat es krim.

Kayakinan dan ketekunan anda sangatlah berarti dalam bisnis ini, apalagi bisnis es krim ini juga tidak luput dari resiko. Seperti cuaca hujan yang mempengaruhi penjualan es krim dan kenaikan harga bahan baku. Namun begitu, Peluang usaha es krim keliling ini pantas di lakukan. Saran kami bila anda adalah seorang pemula, pilihlah Hard es krim sebagai fokus usaha anda. Disamping ini termasuk usaha modal kecil, hard es krim juga mudah anda kembangkan seperti menambah tenaga penjual atau membuat outlet es krim. Selamat berusaha.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel

Akses ditolak!
Silahkan Login atau Register Untuk berkomentar!