Peluang Usaha Minyak Atsiri

peluang usaha

Written by Dody Tabrani

User Rating: / 11
PoorBest 
Peluang Usaha Minyak Atsiri - 4.6 out of 5 based on 11 votes

Pastikan anda Like UKM Kecil di Facebook untuk mendapat update inspirasi terbaru. Silahkan Login untuk merating artikel.

Peluang Usaha Minyak Atsiri

Mesin suling minyak atsiri

Kekayaan hayati Indonesia sangat berlimpah, saat ini banyak berkembang ide ide guna meningkatkan nilai jual produk tanaman utamanya tanaman penghasil minyak atsiri atau essential oil. Saat ini ada 70 jenis tanam, di Indonesia di kenal lebih dari 40 jenis tanaman yang bisa menghasilkan minyak atsiri. Tapi baru sebagian saja yang sudah di olah sebagai penghasil minyak atsiri secara komersil.

Minyak atsiri adalah ekstrak alami dari jenis tanaman tertentu yang bisa diolah dari daun, bunga, kayu, biji-bijian bahkan putik bunga. Beberapa dari tanaman itu di antaranya nilam, kenanga, akar wangi, serai wangi, pala, cengkeh, jahe, dan lada. Minyak atsiri di peroleh dengan cara menyuling atau destilasi terhadap tanaman penghasil minyak. Ada 3 cara yang dapat di lakukan menggunakan metode penyulingan atau destilasi untuk keperluan komersial minyak atsiri. Yaitu :

Proses penyulingan menggunakan sistem rebus (Water Distillation)

Proses penyulingan menggunakan air dan uap (Water and Steam Distillation)

Proses penyulingan menggunakan uap langsung (Direct Steam Distillation)

Penerapan penggunaan metode penyulingan atau destilasi yang sesuai berdasarkan pada beberapa pertimbangan seperti jenis bahan baku tanaman, karakteristik minyak, proses difusi minyak dengan air panas, dekomposisi minyak akibat efek panas, efisiensi produksi serta alasan nilai ekonomis dan efektifitas produksi. Cara penyulingan minyak atsiri

 

Deskripsi Peluang Usaha Minyak Atsiri

 

Bahan Baku Minyak Atsiri

Bahan baku minyak atsiri di tentukan dengan minyak atsiri apa yang akan di buat, jika akan membuat minyak nilam tentu kita harus menyiapkan tanaman nilam. Pemilihan usaha minyak atsiri hendaknya di pertimbangkan dengan keberadaan bahan baku tanaman atsiri. Bila di suatu daerah memiliki banyak tanaman pala, maka anda dapat fokus untuk membuat minyak atsiri pala. Bila di daerah tersebut banyak terdapat tanaman kayu putih, maka dapat di buat minyak atsiri kayu putih.

 

Tempat Usaha Minyak Atsiri

Tempat usaha minyak atsiri adalah di daerah dimana banyak terdapat bahan baku untuk membuat minyak atsiri. Anda dapat membuka usaha minyak atsiri nilam di mana terdapat banyak tanaman nilam di daerah tersebut.

 

Perlengkapan Usaha Minyak Atsiri

Memang banyak di temukan pengolahan minyak atsiri secara sederhana yang banyak di lakukan oleh para petani di daerah, dengan alat drum bekas yang di modifikasi mereka sudah bisa menghasilkan minyak atsiri. Namun, Bila anda ingin membuka usaha minyak atsiri secara komersil maka anda membutuhkan alat alat yang lumayan mahal di awal berdirinya usaha. Namun akan meringankan dan menghemat biaya produksi. Beberapa alat yang anda butuhkan adalah:

Alat Penyulingan

Condensor (Pendingin)

Separator (Pemisah Minyak)

Receiver Tank (Tangki Penampung)

Anda dapat mendapatkan alat alat tersebut di atas DISINI

 

Promosi dan Pemasaran

Untuk pemasaran minyak atsiri anda dapat menjualnya langsung dengan menempatkannya dalam botol kaca kecil seperti parfum, bisa di pasarkan di pusat perbelanjaan atau di titipkan di healthy shop yang banyak dikota besar. Dari minyak atsiri ini anda juga dapat membuat produk baru seperti sabun herbal, aromaterapy dan lainnya. Bila produk anda banyak anda dapat memasoknya ke perusahaan kosmetik, obat atau bahkan anda dapat langsung mengekspor minyak atsiri produksi anda.

 

Resiko Usaha Minyak Atsiri

Resiko terbesar adalah tidak tersedianya bahan baku di tempat usaha, anda harus mendatangkan bahan baku dari daerah lain yang tentu saja akan menambah beban biaya produksi. Sebaiknya anda ikut melakukan penyuluhan pada petani sekitar agar menanam tanaman atsiri yang anda butuhkan. Sesuaikan cara penyulingan minyak atsiri sesuai dengan karekteristik bahan baku.

 

Peluang Usaha Jamur Kriuk

peluang usaha

Written by Dody Tabrani

User Rating: / 14
PoorBest 
Peluang Usaha Jamur Kriuk - 4.4 out of 5 based on 14 votes

Peluang Usaha Jamur Kriuk

Peluang Usaha Jamur Kriuk

Jamur Kriuk adalah makanan baru yang di olah dari jamur, bila biasanya jamur hanya di jadikan sup. Maka, saat ini muncul inovasi baru dalam mengolah jamur manjadi makanan ringan dan di kenal dengan nama jamur kriuk. Jamur kriuk di buat dari jamur yang di goreng dan di lapisi tepung hingga kering dan renyah dan terasa bunyi kriuk saat di makan, jamur kriuk di tambahi berbagai rasa seperti balado, keju, pedas, kari atau gurih original. Ini tergantung resep jamur kriuk yang di buat.

 

Deskripsi Usaha Jamur Kriuk

 

Bahan Baku Jamur Kriuk

Bahan baku utama tentusaja jamur, seluruh jamur konsumsi dapat di buat jamur kriuk. Walau begitu yang terbaik adalah jamur tiram atau jamur merang, jaur tiram akan lebih terasa gurih saat di buat jamur kriuk. Bahan lain adalah tepung, anda dapat menggunakan tepung beras agar lebih terasa renyah.

 

Tempat Usaha Jamur Kriuk

Kawasan ramai atau tempat yang banyak di datangi orang lalu lalang adalah pilih strategis sebagai tempat usaha bagi lokasi ini. Mengingat target usaha ini adalah anak anak dan remaja, maka tempat di sekitar sekolah bisa di jadikan tempat usaha. Anda juga dapat menjual jamur kriuk di depan minimarket atau di pusat perbelanjaan.

 

Perlengkapan Usaha Jaur Kriuk

Perlengkapan usaha kecil jamur kriuk cukup sederhana, hanya peralatan masak biasa di tambahkan dengan gerobak atau etalase sebagai tempat memajang jamur kriuk anda. Berikut adalah perkiraan harga perlengkapan yang di butuhkan.

Perlengkapan Harga - Rp
Gerobak atau Etalase 1.500.000 - 2.000.000
Kompor dan Tabung 200.000 - 300.000
Penggorengan dan Spatula 200.000 - 300.000
Saringan Minyak 10.000- 20.000
Beberapa Baskom 30.000 - 50.000

 

Karyawan

Anda tidak memerlukan karyawan bagi usaha jamur kriuk ini.seluruh kegiatan usaha jamur kriuk dapat anda lakukan sendiri, terkecuali anda memiliki kesibukan lain dan tidak bisa mengelola sendiri usaha anda. Anda dapat memperkerjakan seorang karyawan yang sudah anda latih cara membuat jamur kriuk. Anda dapat membayar karyawan anda dengan kisaran Rp 600.000 - Rp 800.000 atau bisa juga dengan sistem bagi hasil.

 

Promosi dan Pemasaran

Karena usaha ini masih cukup baru, anda memerlukan promosi untuk memperkenalkannya pada orang sekitar. Anda dapat membuat spanduk besar yang mudah terlihat di sekitar lokasi usaha anda, anda juga dapat mendekorasi gerobak anda semenarik mungkin dan mencerinkan usaha anda.

 

Harga sekantong jamur kriuk berkisar antara Rp 5.000 - Rp 6.000, namun ada kalanya anak kecil membeli dengan harga di bawah itu. Anda tetap bisa memberinya dengan mengurangi jumlah takaran jamur tersebut. biasanya berat jamur per kantong berkisar antara 100gr - 200gr. Gunakan kantong kertas untuk membungkus jamur kriuk yang matang.

 

Resiko Usaha Jamur kriuk

resiko terbesar adalah karena makanan ini belum begitu banyak di kenal masyarakat, hal ini akan menghambat usaha anda di awal usaha. Walau begitu, bila anda bisa mengenalkannya kemasyarakat sekitar maka peluang usaha jamur kriuk ini masih sangat menggiurkan. Buatlah spanduk di dekat usaha anda agar orang orang tahu apa yang anda jual. Anda juga dapat membuat merek tersendiri bagi usaha jamur kriuk anda dan kata kata yang udah di ingat ( tag line )

   

Page 32 of 47

<< Start < Prev 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 Next > End >>