Mesin dan Alat alat yang di gunakan dalam usaha UKM kecil

Mesin Abon UKM

Written by Dody Tabrani

User Rating: / 4
PoorBest 
Mesin Abon UKM - 5.0 out of 5 based on 4 votes

Pastikan anda Like UKM Kecil di Facebook untuk mendapat update inspirasi terbaru. Silahkan Login untuk merating artikel.

Mesin Abon UKM

Mesin Abon UKM mesin penggorengan vakum


Peralatan Yang Digunakan Dalam Pembuatan Abon UKM
Peluang usaha abon masih sangat terbuka, hal ini mengingat semakin banyaknya masyarakat yang hidup dalam kepraktisan atau serba instant. Masyarakat lebih menyukai masakan siap saji dan makanan siap konsumsi, salah satnya adalah abon.

Abon bisa dibuat dari berbagai macam bahan, sebut saja abon ikan, abon sapi, abon itik dan sebagainya. Kreativitas kita disini yang harus jeli membaca peluang usaha abon yang disukai pembeli. Walau begitu, pada prinsipnya pembuatan abon itu sama saja. Oleh karena itu, jika kita bisa mempunyai satu set mesin pembuatan abon. Maka kita bisa memproduksi semua jenis abon sekaligus untuk melebarkan pemasaran dan lebih banyak penjualan.

 

Mesin Penggiling Ikan

Written by Dody Tabrani

User Rating: / 1
PoorBest 
Mesin Penggiling Ikan - 5.0 out of 5 based on 1 vote

Mesin Penggiling Ikan

mesin penggiling ikan

 

Jenis mesin yang satu ini, adalah mesin yang daya kerjanya menghaluskan bahan apapun. Jadi, bukan hanya sebagai penghalus bahan terigu atau daging ikan, namun juga bisa digunakan untuk menghaluskan bahan-bahan lain. Mesin penggiling ikan bisa dijumpai dalam berbagai bentuk tergantung pada produsennya. Namun prinsip kerjanya sama, yakni menghaluskan target.

   

Alat Penyulingan Minyak Atsiri dengan uap langsung / Direct Steam Distillation

Written by Dody Tabrani

User Rating: / 8
PoorBest 
Alat Penyulingan Minyak Atsiri dengan uap langsung / Direct Steam Distillation - 5.0 out of 5 based on 8 votes

Metode Penyulingan dengan uap langsung (Direct Steam Distillation)
Pada metode penyulingan ini, bahan baku tidak kontak langsung dengan air maupun api, namun hanya kontak dengan uap bertekanan tinggi yang difungsikan untuk menyuling minyak. Prinsip kerja metode ini adalah membuat uap bertekanan tinggi didalam boiler, kemudian uap tersebut dialirkan melalui pipa dan masuk ketel yang berisi bahan baku. Uap yang keluar dari ketel dihubungkan dengan kondensor. Cairan kondensat yang berisi campuran minyak dan air dipisahkan dengan separator yang sesuai berat jenis minyak. Penyulingan minyak atsiri dengan uap langsung biasa dipakai untuk bahan baku yang membutuhkan tekanan tinggi pada proses pengeluaran minyak dari sel tanaman, misalnya gaharu, cendana, dll.

Alat penyulingan Minyak Atsiri dengan uap langsung (steam distillation) Milik Lansida

Penyulingan minyak atsiri dengan uap langsung mempunyai kelebihan dibandingkan dengan penyulingan air dan penyulingan air-uap. Hal ini disebabkan waktu penyulingan relatif lebih singkat dan rendemen yang dihasilkan cukup tinggi bila dibandingkan dengan dua metode penyulingan lainnya. Namun, penyulingan dengan uap langsung membutuhkan peralatan yang relatif kompleks / lebih banyak dan mahal (Hersipa2011)

   

Alat penyulingan Minyak Atsiri dengan air dan uap water and steam distillation

Written by Dody Tabrani

User Rating: / 7
PoorBest 
Alat penyulingan Minyak Atsiri dengan air dan uap water and steam distillation - 5.0 out of 5 based on 7 votes

Alat penyulingan Minyak Atsiri dengan air dan uap (water and steam distillation)Alat penyulingan Minyak Atsiri dengan air dan uap (water and steam distillation)
Secara umum proses penyulingan dikenal dengan dengan 3 (tiga) cara yaitu penyulingan dengan air (water distillation), penyulingan dengan air dan uap (water and steam distillation), penyulingan dengan uap (steam distillation). Pada dasarnya prinsip dari ketiga proses penyulingan tersebut diatas adalah sama, hanya berbeda pada cara penyulingannya saja. Dalam penyulingan minyak atsiri bahan yang terpenting dan yang banyak digunakan adalah air, disamping fungsinya sebagai penghasil uap atau steam juga diperlukan untuk bahan pendingin pada kondensor.

Alat penyulingan Minyak Atsiri dengan air dan uap (water and steam distillation)

Penyulingan dengan cara air dan uap bisa kita analogikan dengan proses mengukus saat memasak. Pada cara water and steam distillation ini bahan baku tidak berhubungan langsung dengan air (Indirect Destillation). Bahan baku diletakkan diatas piringan yang bentuknya menyerupai ayakan, lalu kemudian dimasukkan kedalam ketel yang sudah berisi air kira-kira 25% dari tinggi ketel. Uap air yang berasal dari air yang sudah mendidih akan keluar dari lubang-lubang piringan dan mengalir melalui sela-sela bahan dan akan membawa minyak atsiri yang dikandung oleh bahan baku, lalu kemudian dialirkan kedalam corong pisah melalui pipa yang berhubungan dengan kondensor(sistem pendingin).

   

Alat penyulingan minyak atsiri sistem rebus Water Distillation

Written by Dody Tabrani

User Rating: / 4
PoorBest 
Alat penyulingan minyak atsiri sistem rebus Water Distillation - 5.0 out of 5 based on 4 votes

Alat penyulingan minyak atsiri sistem rebus (Water Distillation)

alat penyuling minyak atsiri
Mesin Penyulingan minyak atsiri ini secara garis besar di kelompokan menjadi 3 kelompok, yakni sesuai dengan cara yang digunakan dalam mendapatkan minyak atsiri. Penerapan cara yang digunakan didapat berdasarkan atas beberapa pertimbangan seperti jenis bahan baku tanaman, karakteristik minyak, proses difusi minyak dengan air panas, dekomposisi minyak akibat efek panas, efisiensi produksi serta alasan nilai ekonomis dan efektifitas produksi minyak atsiri. Penyesuaian cara produksi berpengaruh juga terhadap alat penyulingan minyak atsiri yang kita gunakan.

   

Page 1 of 2

<< Start < Prev 1 2 Next > End >>