Resep Kue Lapis

kursus

User Rating: / 5
PoorBest 
Resep Kue Lapis - 5.0 out of 5 based on 5 votes

Pastikan anda Like UKM Kecil di Facebook untuk mendapat update inspirasi terbaru. Silahkan Login untuk merating artikel.

Resep Kue Lapis

Resep kue lapis
Siapa yang tidak tahu kue lapis, pasti anda sudah mengenal lezatnya kue lapis itu. Ada beberapa kue lapis yang sudah biasa kita kenal, yaitu kue lapis surabaya, kue lapis legit, kue lapis legit kukus dan lain-lain. Berikut ini resep lapis legit bakar, resep lapis legit kukus dan resep kue lapis surabaya.

Resep Lapis Legit Bakar


Bahan resep lapis legit:

  • 30 butir telur ayam (ambil kuningnya saja)
  • 75 gr tepung terigu
  • 500 gr margarine
  • 300 gr gula pasir
  • 3 sendok makan susu kental manis
  • ½ sendok teh vanilla


Cara membuat lapis legit:

  1. Siapkan wadah, lalu masukkan tepung terigu, margarine dan gula pasir. Kocok memakai mixer sampai halus.
  2. Masukkan kuning telur satu persatu secara perlahan sambil terus dikocok sampai adonannya mulai mengembang.
  3. Tambahkan susu kental manis dan vanilla, kemudian kocok kembali adonan dengan memakai mixer sampai rata.
  4. Siapkan loyang persegi, lalu beri kertas roti pada bagian dalam alas loyang, kemudian olesi bagian dalam loyang dengan sisa margarine secara merata.
  5. Agar lapisan lapis legit yang hasilkan merata ketebalannya, maka bisa digunakan cangkir teh plastik atau gelas ukur plastik. Satu cangkir untuk satu lapisan lapis legit.
  6. Tuang adonan menggunakan cangkir ke loyang, masukan ke oven dan panggang sekiar 5 menit.
  7. Ambil kembali loyang dari oven, tekan adonan menggunakan alat penekan bolu agar adonan rata. Setelah itu berikan kembali satu cangkir adonan di atasnya, ratakan hingga merata. Masukan kembali loyang berisi adonan kedalam oven, panggang selama sekitar 5 menit.
  8. Lakukan cara yang sama hingga semua adonan habis, panggang hingga kue lapis matang.
  9. Olesi dengan margarin bagian atasnya, dan panggang sebentar agar terdapat lapisan yang berbeda.
  10. Keluarkan kue lapis legit dan dinginkan, keluarkan lapis legit dari loyang dan potong bagian pinggiran kue lapis agar terlihat lebih rapi.
  11. Potong kecil-kecil bila ingin langsung di sajikan pada keluarga tercinta.

 

Resep Lapis Legit Kukus

resep kue lapis kukus


Lapis legit kukus biasanya hanya memiliki 3 atau 4 lapisan dengan warna yang berbeda, biasanya hijau (pandan) dan merah (Strawberi)

Bahan resep lapis legit kukus :

  • Telur ayam 30 butir (ambil kuningnya saja)
  • Tepung terigu 75 gr
  • Margarine 500 gr
  • Gula pasir 300 gr
  • Susu kental manis 3 sendok makan
  • Vanilla ½ sendok teh
  • Vanili bubuk atau sirup pandan atau essense pandan 1 sendok teh
  • Sirup Strawberi atau essense strawberi 1 sendok teh


Cara membuat lapis legit kukus:

  1. Siapkan wadah, lalu masukkan tepung terigu, margarine dan gula pasir. Kocok memakai mixer sampai halus.
  2. Masukkan kuning telur satu persatu secara perlahan sambil terus dikocok sampai adonannya mulai mengembang.
  3. Tambahkan susu kental manis dan vanilla, kemudian kocok kembali adonan dengan memakai mixer sampai rata.
  4. Bagi dua adonan sama banyak, tambahi satu bagian adonan dengan essense pandan dan satu bagian adonan lain dengan esensse strawberi.
  5. Siapkan loyang persegi, lalu beri kertas roti pada bagian dalam alas loyang, kemudian olesi bagian dalam loyang dengan sisa margarine secara merata.
  6. Agar lapisan lapis legit yang hasilkan merata ketebalannya, maka bisa digunakan cangkir teh plastik atau gelas ukur plastik. Satu cangkir untuk satu lapisan lapis legit, bedakan cangkir untuk tiap adonan agar tidak terjadi kontaminasi warna.
  7. Siapkan kukusan hingga airnya mendidih.
  8. Tuang adonan strawberi menggunakan cangkir ke loyang, masukan ke kukusan dan kukus sekitar 10 menit.
  9. Ambil kembali loyang adonan tadi dari oven, tekan adonan menggunakan alat penekan bolu agar adonan merata. Setelah itu berikan satu cangkir adonan pandan di atasnya untuk membuat lapisan kedua, ratakan hingga merata. Masukan kembali loyang berisi adonan kedalam kukusan, kukus selama sekitar 5 menit.
  10. Ambil kembali loyang adonan tadi dari oven, tekan adonan menggunakan alat penekan bolu agar adonan merata. Tuang adonan strawberi menggunakan cangkir ke loyang untuk membuat lapisan ke tiga, masukan ke kukusan dan kukus sekitar 5 menit.
  11. Ambil kembali loyang adonan tadi dari oven, tekan adonan menggunakan alat penekan bolu agar adonan merata. Setelah itu berikan satu cangkir adonan pandan di atasnya untuk membuat lapisan keempat, ratakan hingga merata. Masukan kembali loyang berisi adonan kedalam kukusan, kukus selama sekitar 15 menit atau seluruhnya matang.
  12. Keluarkan kue lapis legit dan dinginkan, keluarkan lapis legit dari loyang dan potong bagian pinggiran kue lapis agar terlihat lebih rapi.
  13. Potong kecil-kecil bila ingin langsung di sajikan pada keluarga tercinta.
  14. Catatan : tutup kukusan harus di beri kain agar uap air tidak menetes ke adonan saat di kukus.

 

Resep Kue Lapis Surabaya

resep kue lapis surabaya


Kue lapis Surabaya sesuai dengan namanya berasal dri daerah Surabaya Jawa Timur. Biasanya, kue lapis Surabaya terdiri dari dua warna, yakni warna kuning dan warna cokelat. Warna kuning berasal dari warna kuning telur yang mendominasi adonan lapis, dan untuk warna cokelat berasal dari bahan cokelat. Kedua adonan yang berbeda warna ini lalu dijadikan lapisan secara selang seling, maka jadilah lapis kuning cokelat yang merupakan lapis khas Kota Surabaya. Berikut resep kue lapis Surabaya yang mudah di ikuti.

Resep Kue lapis surabaya

Bahan lapis pertama warna kuning :

15 gr    Susu bubuk instan
75 gr    gula pasir  sebagai pemanis alami kue
35 gr    tepung terigu, pilih yang kadar proteinnya sedang
3 butir  telur (ambil putihnya saja)
1 sdt    emulsifier. Emulsifier dipakai untuk membuat kue mengembang, kenyal dan berisi.  Bisa dibeli di toko bahan-bahan kue.
5 butir  kuning telur
2 butir  putih telur yang dikocok
100 gr   margarin dilelehkan
Selai  sesuai selera

Bahan lapis kedua warna cokelat :

25 gr    tepung terigu, pilih yang kadar proteinnya sedang
1 sdt    emulsifier
10gr     susu bubuk 10
5 butir  telur (yang ini ambil kuningnya saja)
100 gr   margarin dilelehkan
15 gr    cokelat bubuk, ini yang membuat lapisan berwarna cokelat
3 butir  telur (ambil putihnya saja)
75 gr    gula pasir sebagai pemanis alami kue
2 butir  putih telur
1/4 sdt  cokelat pasta

Cara membuat kue lapis surabaya :
Buat adonan lapisan warna kuning.

  • Kocoklah gula pasir, emulsifier, dan telur sampai warnanya putih, kental dan kelihatan mengembang. lalu campur dengan tepung terigu, aduk sampai merata semuanya.
  • Margarin yang sudah leleh dicampurkan pada adonan tadi. lalu tambahkan telur putih kocok pelan-pelan sambil terus diaduk.

Buat adonan lapisan warna cokelat.

  • Kocoklah gula pasir, emulsifier, dan telur sampai warnanya putih, kental dan kelihatan mengembang. lalu campur dengan tepung terigu, aduk sampai merata semuanya.
  • Margarin yang sudah leleh dicampurkan pada adonan tadi. lalu tambahkan telur putih kocok pelan-pelan sambil terus diaduk.

Cetak Adonan Kue Lapis Surabaya.

  1. Siapkan loyang yang ukurannya 24x24x4 cm atau sesuai selera, olesi loyang tadi dengan margarin, dan pada bagian bawahnya (alas) berikan kertas roti.
  2. Agar lapisan lapis surabaya yang dihasilkan merata ketebalannya, maka bisa digunakan cangkir teh plastik atau gelas ukur plastik. Satu cangkir untuk satu lapisan lapis legit, bedakan cangkir untuk tiap adonan supaya tidak terjadi kontaminasi warna.
  3. Masukan adonan kuning dalam loyang, panggang adonan dalam oven dengan temperatur 200 C selama setengah jam hingga lapis matang.
  4. Angkat dari oven, dan biarkan agar dingin.
  5. Masukan adonan cokelat dalam loyang, panggang adonan dalam oven dengan temperatur 200 C selama setengah jam hingga lapis matang.
  6. Lakukan terus hingga mencapai banyak lapisan yang kita inginkan.
  7. Sekarang kita padukan dua lapisan kue lapis surabaya tadi. Ambil satu lembar lapis warna kuning dan letakkan lalu bagian atasnya olesi pakai selai, tumpuk dengan lapisan warna cokelat. Olesi kembali memakai selai lalu tumpuk dengan lapis kuning, Sedikit ditekan agar padat. Lakukan terus hingga mencapai ketebalan lepisan yang di inginkan.


Bagi anda yang ingin bergelut dalam usaha kue lapis, resep kue lapis diatas bisa di jadikan rujukan. Tambahi dengan kreasi anda sendiri agar sesuai dengan pasar yang di targetkan dan harga tetap terjangkau. Mungkin anda juga mesti membeli beberapa mesin kue untuk mendukung usaha kue lapis anda. Semoga resep kue lapis ini berguna baik bagi para pelaku UKM maupun bagi para bunda di rumah yang ingin membuat kue lapis sendiri. Selamat mencoba.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel

Akses ditolak!
Silahkan Login atau Register Untuk berkomentar!