Resep Cara Membuat Bajigur

kursus

User Rating: / 9
PoorBest 
Resep Cara Membuat Bajigur - 4.7 out of 5 based on 9 votes

Pastikan anda Like UKM Kecil di Facebook untuk mendapat update inspirasi terbaru. Silahkan Login untuk merating artikel.

Resep Cara Membuat Bajigur

Resep cara membuat bajigur sebetulnya tidak terlalu sulit, begitu juga dengan bahan-bahannya yang sangat mudah di dapat. Berikut resep cara membuat bajigur yang bisa menginspirasi kita sebagai pelaku UKM.
Bajigur merupakan minuman tradisional jawa barat, terbuat dari campuran kopi, gula jawa dan santan. Bajigur biasa di jual di gerobak dorong oleh usaha kecil bajigur, biasanya dilengkapi dengan aneka macam penganan tradisional seperti pisang rebus, kacang rebus, ubi rebus dan kue basah lainnya. Untuk memulai usaha bajigur, diperlukan resep cara membuat bajigur yang enak dan tentu saja menguntungkan.

Minuman hangat bajigur dikenal ampuh untuk menghalau udara dingin dan bisa menghangatkan tubuh, selain itu juga bisa menjaga kesehatan tubuh kita terutama di malam hari atau di musim hujan. Resep cara membuat bajigur sebetulnya tidak terlalu sulit, begitu juga dengan bahan-bahannya yang sangat mudah di dapat. Berikut resep cara membuat bajigur yang bisa menginspirasi kita sebagai pelaku UKM.

 

Resep Cara Membuat Bajigur

Bahan Bajigur:

  • Santan 2000 mililiter
  • Garam 1 ½ sendok teh
  • Daun Pandan 2 lembar
  • Vanili bubuk ¼ sdt
  • Gula aren 225 gram
  • Gula pasir 200 gram
  • Kopi ½ sendok makan
  • Kayu manis 3 centimeter


Cara membuat bajigur :

  1. Rebuslah gula aren, gula pasir, santan, kopi, garam, kayu manis, daun pandan, dan vanili bubuk memakai api sedang, aduk terus sampai matang dan harum.
  2. Saring bajigur tersebut, buang ampasnya.
  3. Tuangkan bajigur yang sudah jadi tadi ke dalam gelas atau pun mangkuk.
  4. Sajikan bajigur selagi hangat dengan ditemani kacang rebus, ubi, atau pisang rebus.


Resep bajigur diatas sangat cocok bagi anda yang ingin memulai usaha bajigur, tinggal siapkan berbagai macam penganan tradisional untuk melengkapi barang dagangan anda. Sedangkan bagi anda yang ingin membuat bajigur hanya untuk keluarga saja, bisa mengikuti resep bajigur dibawah ini.

Resep Bajigur dengan kolang-kaling

Bahan membuat bajugir

  • Kopi 5 sdt
  • Garam ¼ sdt
  • Gula jawa 125 gr
  • Santan dari ½ butir kelapa 750 cc
  • Vanili 1 bungkus
  • Kolang-kaling 150 gr,



Cara membuat bajigur

  1. Cuci kolang-kaling hingga bersih dan potong tipis memanjang, kemudian rebus hingga matang. Pisahkan
  2. Campur kopi, gula jawa, garam dan santan, kemudian aduk sampai merata.
  3. Masak bajigur sambil terus diaduk-aduk hingga mendidih dengan api sedang.
  4. Masukkan vanili, masukkan irisan kolang-kaling yang sudah lunak dan matang. Aduk sampai rata.
  5. Angkat dan hidangkan panas-panas dalam cangkir/gelas
  6. Temani dengan ubi rebus, pisang rebus, kacang rebus atau penganan tradisional lainnya. Bisa juga ditambahkan serutan kelapa muda diatasnya.


Bajigur yang dijual di gerobak umumnya tidak memakai serutan kelapa muda ataupun kolang-kaling, cukup muniman hangatnya saja dan disajikan dalam keadaan panas. Penganan tradisional yang dibawa umumnya dimasak dengan cara direbus. Minuman hangat bajigur ini bisa juga dibuat dirumah untuk keluarga tercinta, selamat mencoba.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel

Akses ditolak!
Silahkan Login atau Register Untuk berkomentar!