Tips Mengajukan Kredit Usaha Kecil Menengah

Kredit Usaha Rakyat

User Rating: / 46
PoorBest 
Tips Mengajukan Kredit Usaha Kecil Menengah - 5.0 out of 5 based on 46 votes

Pastikan anda Like UKM Kecil di Facebook untuk mendapat update inspirasi terbaru. Silahkan Login untuk merating artikel.

Tips Mengajukan Kredit Usaha Kecil Menengah

Tips Mengajukan Kredit Usaha Kecil Menengah

Urusan permodalan memang sering jadi kendala dalam mengembangkan bisnis usaha kecil, terutama bagi kita yang baru mulai usaha dan ingin memperkuat modal usaha kita. Salah satu opsi dalam mengembangkan Usaha Kecil Menengah (UKM) adalah dengan mengajukan Kredit Usaha Rakyat dan bisa juga kredit bisnis ke bank sebagai solusi menambah modal ataupun sebagai cadangan cash flow. Banyak di antara wirausaha kecil yang merasa takut atau pesimistis untuk mendapat modal usaha dari bank dan ini adalah beberapa tips yang bisa membantu proses mengajukan kredit usaha kecil menengah Anda :

 

 

Buatlah sedikit riset atau mencari info guna mengetahui bank mana saja yang bisa memberikan Kredit Usaha Rakyat maupun kredit bisnis yang sama seperti usaha yang sedang Anda jalani. Biasanya bank tersebut telah mengerti benar mengenai seluk beluk industri dan target pasar untuk bisnis Anda, juga dengan resiko dan perkiraan pendapatan anda. Dengan begitu, kemungkinan besar pengajuan kredit Anda dapat disetujui.

 

Siapkan seluruh dokumen yang diperlukan untuk memulai proses pengajuan kredit untuk usaha Anda.

Berikut persyaratan mengajukan Kredit Usaha Rakyat seperti :

 

  1. Identitas diri calon penerima KUR, seperti KTP,Kartu Keluarga, Keterangan Domisili.
  2. Legalitas Usaha seperti Akte Pendirian usaha, Data Usaha
  3. Perizinan Usaha seperti SIUP, TDP, Izin gangguan HO, dll
  4. Laporan Keuangan Usaha
  5. Proposal Usaha
  6. Persyaratan lain sesuai ketentuan Bank yang mungkin di tambahkan
  7. Persiapkan jaminan atau agunan jika dibutuhkan (namun hal ini tidak berlaku untuk pengajuan Kredit Tanpa Agunan dan KUR Ritel).

 

Siapkan diri Anda untuk menghadapi wawancara yang dilakukan oleh Account Officer (AO) yang biasanya dilakukan di kantor bank tersebut atau hanya cukup melalui telepon saja. Siapkan segala macam kemungkinan pertanyaan yang akan diajukan oleh mereka seperti tentang usaha anda, prospek usaha anda, target pasar usaha anda, omzet usaha anda saat ini, kepemilikan tempat usaha dan lain sebagainya. Terangkan juga secara jelas mengenai jumlah dana yang dibutuhkan, bagaimana rencana penggunaan dana tersebut serta rencana pembayaran kembali.

 

Harus di ketahui bahwa sesungguhnya bunga Kredit Usaha Rakyat lebih tinggi dari bunga Kredit Bisnis dan KTA. Bunga Kredit Usaha Rakyat saat ini mencapai 22%/tahun (september 2012) sedangkan bunga Kredit Bisnis sekitar 11%-16%/tahun(september 2012). Bila usaha anda masih kecil dan masih sederhana, maka pilihlah Kredit Usaha Rakyat yang dijamin pemerintah dan persetujuannya lebih mudah asalkan persyaratannya terpenuhi serta sebagian besar tidak dibutuhkan Agunan. Bila usaha anda sudah mencapai tingkat menengah dan Bank Able atau dapat diterima bank dengan pengelolaan yang baik dan pembukuan yang baik pula, kredit bisnis adalah opsi terbaik walaupun persyaratannya lebih banyak.

 

Dengan menerapkan cara cara tersebut diatas peluang untuk anda mendapatkan pinjaman untuk keperluan usaha lebih besar. Tetapi perlu di ingat bahwa setiap institusi bank pemberi pinjaman berbeda satu dengan yang lainnya mengenai kemudahan proses pengajuan kredit UKM. Jangan berkecil hati! Peluang mendapatkan pinjaman akan didapatkan bila terus berusaha, kegagalan adalah hal yang biasa dan ini tentunya sudah dipahami betul oleh para pelaku bisnis. Asalkan semua persyaratan bisa di ikuti dengan baik dan usaha kita dikelola dengan baik pula, tidak ada alasan untuk tidak mendapatkan modal usaha. Demikian Tips Mengajukan Kredit Usaha Kecil Menengah yang bisa anda ikuti dan jadi acuan.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel

Akses ditolak!
Silahkan Login atau Register Untuk berkomentar!