Perbedaan Pinjaman KUR dengan Pinjaman Bank

Kredit Usaha Rakyat

User Rating: / 8
PoorBest 
Perbedaan Pinjaman KUR dengan Pinjaman Bank - 5.0 out of 5 based on 8 votes

Pastikan anda Like UKM Kecil di Facebook untuk mendapat update inspirasi terbaru. Silahkan Login untuk merating artikel.

Perbedaan Pinjaman KUR dengan Pinjaman Bank

perbedaan kur dengan kredit usaha perbankan
Kredit usaha rakyat atau KUR memang di salurkan melalui Perbankkan Nasional dan beberapa lembaga pembiayaan lainnya. Namun kita juga tahu, bahwa setiap bank juga memiliki program pinjamannya masing-masing. Lalu apa perbedaan pinjaman KUR dengan pinjaman Bank masing-masing tersebut?

Pinjaman KUR

Kredit Usaha Rakyat atau KUR adalah jenis pembiayaan atau kredit modal kerja dan atau investasi bagi Usaha Mikro, kecil, menengah dan Koperasi (UMKMK) dibidang usaha yang produktif yang layak namun belum Bankable, dengan plafond kredit sampai dengan Rp. 500.000.000, - lima ratus juta rupiah - yang dijamin oleh perusahaan penjaminan yang di tunjuk Pemerintah serta di jalankan oleh Bank Pelaksana atau Lembaga Penghubung Linkage.


Manfaat Penyaluran KUR Bagi UMKMK

KUR memberikan kesempatan bagi UMKMK untuk mendapatkan pembiayaan atau kredit guna melakukan kegiatan Usaha Produktif hingga bisa mengembangkan usahanya menjadi lebih produktif lagi atau melakukan ekspansi usaha.Program KUR diterbitkan oleh Pemerintah dalam rangka pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, Menengah dan Koperasi (UMKMK), penciptaan lapangan kerja, dan penanggulangan kemiskinan, dan bertujuan meningkatkan Sektor Riil dan memberdayakan UKMK. Kebijakan pengembangan dan pemberdayaan UMKMK mencakup:

 

  1. Peningkatan akses pada sumber pembiayaan
  2. Pengembangan kewirausahan
  3. Peningkatan pasar produk UMKMK
  4. Reformasi regulasi UMKMK


Metode Penyaluran KUR

Penyaluran KUR bisa dilakukan langsung, maksudnya UMKM dan Koperasi bisa langsung memperoleh dan mengakses KUR di Kantor Cabang atau Kantor Cabang Pembantu Bank Pelaksana KUR. Selai itu penyaluran KUR juga di lakukan secara tidak langsung,  maksudnya usaha mikro bisa mengakses KUR melalui Lembaga Keuangan Mikro dan KSP/USP Koperasi, atau melalui kegiatan linkage program lainnya yang bekerjasama dengan Bank Pelaksana.

KUR atau Kredit Usaha Rakyat ini dijamin dengan fasilitas penjaminan kredit dari Pemerintah melalui PT Askrindo dan Perum Jamkrindo. Sedangkan Bank Pelaksana yang menjadi penyalur KUR adalah Bank BRI, Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BTN, Bank Syariah Mandiri, dan Bank Bukopin.

Kredit Perbankan

Kredit perbankan adalah Kredit merupakan penyediaan uang atau tagihan yang bisa dipersamakan dengan itu, berdasarkan persetujuan atau kesepakatan pinjam meminjam antara bank dengan pihak lain yang mewajibkan pihak peminjam untuk melunasi utangnya setelah jangka watu tertentu dengan pemberian bunga. Jika seseorang menggunakan jasa kredit, maka ia akan dikenakan bunga tagihan.

Jadi kredit perbankan merupakan kredit yang dikeluarkan oleh perbankan atau bank tertentu, yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan berupa bunga bank dimana sumber dananya dari dana nasabah Bank tersebut atau dana pihak ketiga.

Perbedaan Pinjaman KUR dengan Pinjaman Bank


Dari Sumber Dana
Sumber dana KUR berasal dari pemerintah yang disalurkan melalui Bank Pelaksana KUR. Sedangkan sumber dana kredit perbankan berasal dari Bank tersebut sendiri yang merupakan dana pihak ketiga Nasabah Bank tersebut.

Penjamin Pinjaman
KUR di jamin oleh pemerintah melalui 2 perusahaan penjamin yaitu PT Askrindo dan Perum Jamkrindo. Sedangkan Kredit Perbankan tidak memiliki penjamin pinjaman, namun untuk tingkat Corporasi/Proyek besar biasanya meminta penjamin kredit yang bisa menerima pengalihan resiko kredit dan membayar kredit tersebut kepada pihak Bank  bila penerima pinjaman gagal bayar. Penunjukan penjamin pinjaman ini biasanya di ajukan oleh penerima pinjaman dan disetujui oleh pihak Bank.

Penanggung Resiko Kredit

Pada KUR, resiko kredit di tanggung oleh pemerintah melalui 2 perusahaan penjaminnya. Jadi bila ada UKM gagal bayar, Bank tidak mengalami kerugian karena dibayar pemerintah. Sedangkan untuk resiko kredit perbankan, resiko  tersebut sepenuhnya ditanggung oleh pihak Bank. Kecuali untuk Corporasi/proyek besar yang telah menunjuk penjamin pinjaman, resiko bisa dialihkan ke penjamin pinjaman jika gagal bayar.

Suku Bunga Kredit
Dalam suku bunga kredit, sebetulnya suku bunga kredit KUR terbilang besar, melebihi suku bunga kredit perbankan pada umumnya. Suku bunga kredit KUR berkisar 22% pertahun, sedangkan suku bunga perbankan lebih kecil dari itu.
Contoh:

Bank Kredit Konsumsi
Kredit Usaha
KPR Non KPR KUR Retail Korporat
PT BANK MANDIRI (PERSERO), Tbk 11.00% 12.25% 22.00% 12.25% 10.50%
PT BANK RAKYAT INDONESIA, Tbk 10.25% 12.25% 19.25% 11.75% 10.50%
PT BANK BUKOPIN, Tbk 
12.55% 13.54% 14.62% 13.60% 11.39%

Catatan: Data diambil 11 februari 2014 di masing-masing bank (% per tahun)

Persyaratan
Persyaratan pengajuan KUR lebih sedikit dan lebih mudah, sedangkan untuk kredit usaha umum sangat banyak dan juga sangat selektif. Kemudahan persyaratan KUR memang di maksudkan supaya bisa di jangkau oleh Usaha kecil yang feasible  namun belum layak mendapat kredit perbankan / bankable dan mempunyai kemampuan untuk mengembalikan.

Proses Pengajuan
Dalam KUR, pengajuan bisa diajukan kepada Bank pelaksana, lembaga keuangan penyalur, koperasi hingga program yang lingage dengan KUR. Sedangkan untuk kredit usaha perbankan bisa di ajukan ke masing-masing Bank.

Anggunan
Dalam KUR, anggunan merupakan usaha itu sendiri, kecuali bila memerlukan anggunan tambahan sesuai kebijakan bank Pelaksana. Sedangkan Untuk kredit usaha Bank, anggunan harus ada secara fisik seperti tanah, rumah kendaraan dll.

KUR merupakan kredit/pembiayaan yang diberikan oleh perbankan kepada UMKMK yang feasible namun belum bankable. Maksudnya adalah usaha tersebut mempunyai prospek bisnis yang baik dan memiliki kemampuan untuk mengembalikan. UMKM dan Koperasi yang diharapkan dapat mengakses KUR adalah yang bergerak di sektor usaha produktif antara lain: pertanian, perikanan dan kelautan, perindustrian, kehutanan, dan jasa keuangan simpan pinjam.

Sumber refferensi:
Wikipedia
Bank BRI http://bri.co.id/sbdk
Bank Mandiri http://www.bankmandiri.co.id/resource/sbdk.asp
Departemen Koperasi http://www.depkop.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=350%60
Komite KUR http://komite-kur.com/


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel

Akses ditolak!
Silahkan Login atau Register Untuk berkomentar!