Usaha Pengayakan Pasir Teras

Industri Besar

User Rating: / 2
PoorBest 
Usaha Pengayakan Pasir Teras - 5.0 out of 5 based on 2 votes

Pastikan anda Like UKM Kecil di Facebook untuk mendapat update inspirasi terbaru. Silahkan Login untuk merating artikel.

Usaha Pengayakan Pasir Teras

Usaha Pengayakan Pasir Teras
Usaha Pengayakan Pasir Teras mulai banyak di lakukan untuk memenuhi kebutuhan proyek pembangunan, terutama di gunakan dalam pembuatan jalan raya. Pasir teras di dapat dari penambangan pasir teras dari sebuah gunung langsung, pasir teras tersebut kemudian di ayak, dicuci dan di saring menjadi pasir siap pakai.

Untuk membuat usaha pasir teras diperlukan sebuah mesin pengayakan pasir teras untuk membantu proses pengayakan pasir teras tersebut. Mesin ini akan berfungsi untuk menghancurkan tanah gunung pasir teras, mengayak, membersihkan dan menyaring pasir teras tersebut hingga di dapat pasir teras siap pakai

Mesin Pengayak Pasir

Mesin pengayak pasir teras yang digunakan umumnya lebih sederhana di bandingkan dengan mesin penggilingan pasir / mesin penghancur pasir, ini di sebabkan tanah teras yang di giling memang tidak terlalu keras. Mesin pengayak pasir biasanya dilengkapi dengan  Vibrating Screener + Belt Conveyor + Diesel Genset + Roda Pemindahan Lokasi Pengayakan, sehingga mesin pengayak pasir ini bisa disesuaikan untuk lokasi penambangan pasir yang jauh dari sumber listrik PLN dan memudahkan bagi pemindahan lokasi penambangan pasir.


Untuk jelasnya jenis mesin pengayak pasir silahkan lihat di MESIN PENGAYAK PASIR

Di pasaran mesin pengayak pasir ini biasanya mencapai kisaran harga Rp. 120.000.000 (seratus dua puluh jutaan) dengan lebar alat pengayak yaitu 1,6 x 4,5 meter untuk menghasilkan hasil penapisan pasir yang banyak sekaligus dan dengan ukuran yang seragam.

 

Izin Usaha Pengayakan Pasir Teras

Izin usaha pengayakan pasir teras termasuk dalam izin usaha pertambangan, pasir teras masuk dalam usaha pertambangan galian C. Untuk itu diperlukan izin usaha pertambangan galian C untuk memulai usaha ini. Perizinan bisa di buat di Dinas Pendapatan Daerah setempat.

Jika lokasi penambangan pasir teras dan lokasi pengayakan pasir teras berbeda, maka di kedua lokasi tersebut di perlukan izin yang berbeda. Namun bila masih dalam satu Kabupaten/Kotamadya, Izin usaha pengayakan pasir teras masih bisa di satukan dengan menyebutkan lokasi penambangan dan lokasi pengayakan. yang harus di perhitungkan adalah ijin dari masyarakat setempat, sebab bagai manapun usaha pengayakan pasir teras / usaha penambangan pasir teras akan berpengaruh terhadap lingkungan setempat.

Setelah izin usaha diperoleh baik dari masyarakat maupun pemda, proses usaha pengayakan pasir teras baru bisa dilakukan. Bila memungkinkan memang sebaiknya lokasi usaha pengayakan pasir teras berada dekat dengan lokasi penambangan pasir teras. Hingga biaya transfortasi bisa di tekan, namun jika lokasi penambangan berada di daerah yang sulit kita terpaksa membuka lokasi usaha pengayakan pasir teras di tempat yang berjauhan.

Pemasaran usaha pengayakan pasir teras

Pasir teras di pasarkan kepada para kontraktor kontruksi, kontraktor jalan maupun developer perumahan. Sangat di sarankan agar kita memiliki kontrak terlebih dahulu dengan pembeli sebelum  usaha pengayakan pasir teras berjalan / melakukan pengembangan usaha seperti membeli gunung atau area penambangan.

Usaha pengayakan pasir teras memang termasuk usaha menengah dan industri besar, diperlukan modal yang cukup untuk memulai usaha pengayakan pasir teras ini. Kendala terbesar industri pasir teras ini adalah penolakan dari masyarakat setempat dan sengketa lahan yang mungkin terjadi di area penambangan.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel

Akses ditolak!
Silahkan Login atau Register Untuk berkomentar!