Budidaya Burung LoveBird

Budidaya Ternak

User Rating: / 14
PoorBest 
Budidaya Burung LoveBird - 4.6 out of 5 based on 14 votes

Pastikan anda Like UKM Kecil di Facebook untuk mendapat update inspirasi terbaru. Silahkan Login untuk merating artikel.

 

Budidaya Burung LoveBird

 

Burung LoveBird berukuran kecil saja, tingginya antara 13 cm sampai 17 cm dengan berat badan sekitar 15 gram hingga 60 gram dan berekor pendek dan berparuh besar. Dan justru karena ukurannya yang kecil dan imut sangat di sukai banyak orang mulai dari kolektor burung sampai anak anak. Burung LoveBird  juga bersifat sosial, oleh karena inilah di kenal dengan nama Burung LoveBird  atau Burung Cinta dan banyak orang tertarik denganPeluang Usaha ini terutama para pencinta burung.

 

Awalnya, burung lovebird dipelihara orang terutama karena keindahan warna bulunya. Namun seiring dengan perkembangan waktu dan trend lomba suara burung, maka lovebird dipelihara untuk memunculkan suara-suara khas lovebird yang panjang.

budidaya burung lovebird

Burung LoveBird

 

Scientific classification

Kingdom: Animalia

Phylum: Chordata

Class: Aves

Order: Psittaciformes

Family: Psittacidae

Subfamily: Psittacinae

Tribe: Psittaculini

Genus: Agapornis

 

Burung LoveBird memiliki beberapa jenis:

1. Lovebird kepala abu-abu / lovebird madagaskar (Agapornis cana)

Ukuran tubuh panjang 14 cm, berat 25-28 gram.

2. Lovebird “muka merah” (Agapornis pullaria)

Ukuran tubuh panjang 15 cm, berat 43   gram.

3. Lovebird “sayap hitam” /lovebird abisinia (Agapornis taranta).

4. Lovebird “kerah hitam” (Agapornis swinderniana)

Ukuran tubuh lovebird “kerah hitam”: Panjang 13 cm, berat 39-41 gram.

5. Lovebird “muka salem” (Agapornis roseicollis)

Ukuran tubuh panjang 15 cm, berat 46-63 g.

6. Lovebird kaca mata fischer   (Agapornis fischeri)

Ukuran tubuh lovebird  kaca mata fischer Panjang 15 cm, berat 42-58 gram.

7. Lovebird kaca mata topeng (Agapornis personata)

Ukuran tubuh lovebird kaca mata topeng Panjang 14,5 cm, berat 43-47 gram.

8.   Burung lovebird kacamata nyasa (Agapornis lilianae)

Ukuran tubuh lovebird  kacamata nyasa Panjang 13,5 cm, berat 28-37 gram.

9.   Burung lovebird kacamata pipi hitam (Agapornis nigrigenis)

Ukuran tubuh lovebird kacamata pipi hitam Panjang 13,5 cm, berat 36-52   gram.

 

Cara Ternak Burung LoveBird

 

Memilih indukan Burung LoveBird. Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam pemilihan bahan atau bakalan pada Burung LoveBird :

 

Bentuk paruh, sebaiknya pilih bentuk paruh yang berpangkal lebar, tebal, besar, panjang dan terlihat kokoh.

Berkepala besar. Ini menandakan burung ini mempunyai mental tempur yang baik.

Postur badan, pilihlah bahan yang berpostur sedang dengan panjang leher, badan dan ekor serta kaki yang serasi. Jangan memilih bahan yang berleher dan berbadan pendek.

Sebaiknya juga pilihlah bahan yang berdada lebar.

Sayap mengepit rapat dan kaki mencengkram kuat, ini menandakan bahan tersebut sehat. Pilihlah Kaki yang besar dan terlihat kering. Warna kaki tidak berpengaruh terhadap mental burung.

Lincah dan bernafsu makan besar. Ini merupakan ciri-ciri bahan yang bermental baik.

Leher panjang padat berisi. Menandakan burung ini akan mengeluarkan power suara secara maksimal.

Bola mata besar dan bersih bersinar. Menandakan burung ini memiliki prospek yang cerah apabila dijadikan burung lomba. Karena akan sangat gacor.

 

Membedakan jenis kelamin burung lovebird termasuk pekerjaan gampang - gampang sulit. Gampang untuk jenis-jenis tertentu tetapi sulit untuk beberapa jenis lainnya, apalagi kalau masih anakan. Untuk membedakan jenis kelamin lovebird bisa digunakan cara sederhana sampai yang ilmiah.

Secara warna dan fisik, love bird susah untuk diketahui jenis kelaminnya.jka kita ingin mengetahui mana yang jantan dan mana yang betina  Cara yang paling gampang adalah dengan meraba kedua capit udang yang terletak dibawah duburnya. Jika keras, rapat dan lancip, biasanya jantan. Sedangkan burung betina capit udangnya lembek, lebar dan tumpul. Hanya burung betina yang membuat sarang

 

Untuk mulai Budidaya Burung LoveBird kita harus memilih calon induk yang usianya relatif masih muda, sekitar umur 7 bulan sampai 2,5 tahun, karena jika umurnya sudah lebih dari 3 tahun biasanya tidak terlalu produktif, berikan makanan tambahan ekstra seperti sawi, toge, kwaci dan jagung muda untuk memicu birahi burung. Dengan perawatan yang baik, Burung LoveBird bisa hidup 10 hingga 20 tahun

 

Beternak Burung LoveBird sebaiknya di lakukan secara individual atau perpasang, cara ini di lakukan supaya kita bisa lebih mudah mengetahui garis keturunan dari burung tersebut,  untuk satu pasang Burung LoveBird gunakanlah kandang dengan ukuran kurang lebih 40 cm x 40 cm x 80 cm, untuk bertelor dan mengeram siapkan glodok atau kotak sarang yang terbuat dari papan dengan ketebalan sekitar 2 cm, dengan ukuran XLXT = 15 CM x 20 cm x 25 cm, dan diisi dengan kulit jagung yang sudah di keringkan, serbuk kayu dan lain sebagainya. Glodok tidak boleh terbuat dari bahan yang licin untuk menghindari anakan dengan cacat kaki .

 

Burung LoveBird umumnya bertelur sekitar 4 – 6 butir,dan dierama selama 21 hingga 23 hari, setelah menetas Burung LoveBird jantan dan betina bergantian menyuapi anaknya sampai anak burung bisa makan sendiri, jika indukan Burung LoveBird tidak mau mengasuh anaknya maka kita harus menyiapkan tempat (kotak) dengan ukuran sekitar 40cmx40cmx40cm dan di beri lampu bohlam 5 watt sebagai penghangat, untuk makananannya kita siapkan bubur susu untuk bayi yang di campur dengan air hangat dan diberikan setiap 2 jam sekali, setelah berumur 3 – 4 minggu kita kenalkan dengan jenis makanan lain seperti millet, buah buahan dan sayur sayuran.  agar induknya bisa kembali bereproduksi maka anak burung yang sudah bisa makan sendri segera pindahkan ke sangkar lain.

 

Masalah Umum pada ternak Burung LoveBird

Telur Tidak Menetas

Tidak semua telur bisa menetas, dan telur yang tidak menetas biasanya adalah telur yang terakhir,dan ini biasanya disebabkan oleh beberapa hal antara lain : infeksi bakteri, kekurangan nutrisi, indukan yang mandul, dan juga disebabkan oleh telur yang tidak dierami.

Cacat Kaki.

Telur yang sudah menetas tidak semua tumbuh menjadi anak burung yang cantik, sering kali kita jumpai anak Burung LoveBird yang kakinya tidak bisa berdiri dan mencengkeram dengan sempurna serta cenderung miring ke samping, untuk menghindari hal ini maka gunakanlah glodok yang berbahan triplek yang tidak licin (belum di serut) dan beri bahan sarang yang cukup.

Tidak Mau jodoh

Indukan yang kita jodohkan kadang kadang tidak mau bersatu, Hal ini bisa disebabkan karena beberapa hal, yaitu belum memasuki masa birahi, keduanya berjenis kelamin sama, situasi atau lingkungan yang kurang mendukung.

 

PEMASTERAN

Masa mabung membuat burung lebih banyak pada kondisi diam dan mendengar. Inilah saat yang tepat untuk mengisi variasi suara sesuai dengan yang kita inginkan. Lakukan pemasteran dengan tepat, sesuaikan karakter dan tipe suara burung dengan suara burung master. Burung LoveBird adalah jenis burung yang bisa dimaster, master yang cocok untuk Burung LoveBird adalah Blackthroat, Kenari dan sanger, karena ketiga burung ini mempunyai suara yang mendekati lovebird, lovebird yang biasanya digunakan sebagai master adalah Burung LoveBird yang memiliki trecetan kasar dan panjang-panjang, Burung LoveBird bisa dimaster sejak usia  kurang 1 bulan, meskipun trecetan suara Burung LoveBird dalam membawakan lagu lebih banyak di pengaruhi faktor genetik tapi upaya tersebut masih bisa dilakukan untuk mendongkrak performanya, sehingga Burung LoveBird bisa membawakan lagu yang panjang.

Semoga pelatihan budidaya burung lovebird ini bisa membantu anda dalam budidaya burung lovebird atau merawat burung lovebird anda.

 


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel

Akses ditolak!
Silahkan Login atau Register Untuk berkomentar!